Cara Ampuh Pengemudi Mobil Terhindar dari Penipuan di Jalan

Ilustrasi dashcam atau kamera dasbor.
Sumber :
  • Dok: Blackvue

VIVA – Pengemudi mobil rawan menjadi korban kejahatan dalam bentuk penipuan, saat sedang melintas di jalan. Salah satu yang dahulu marak terjadi, yakni menggunakan modus ban kempis.

Kisah Karyawan Teladan Tesla, Dedikasi Tinggi Berujung Dipecat

Oknum akan berpura-pura menunjuk ke arah ban, sembari mengatakan bahwa ada salah satu ban yang kurang angin. Saat pengemudi turun, ia akan masuk ke dalam mobil dan membawa kabur barang berharga atau memalak korban.

Baru-baru ini ada modus lain yang juga terbilang klasik, yaitu berpura-pura tertabrak dan menderita luka lalu kemudian meminta ganti rugi. Pelaku akan berusaha menggalang dukungan dari warga sekitar, dengan mengatakan bahwa korban berusaha melarikan diri.

Polisi Gerebek Pameran Otomotif dan Sita 4 Mobil Rp48 Miliar

Penipuan modus tabrak lari viral di media sosial

Photo :
  • Instagram @warungjurnalis

Kasus tersebut terkuak, karena sang korban merekam kejadian pelaku. Video menjadi bukti, bahwa semua itu hanya tipu muslihat pelaku saja demi mendapatkan uang dengan cara yang mudah.

Sedan Baru 5,3 Meter Ini Fiturnya Mewah Banget

Direktur Pemasaran Dashcam blackvue, Rudy Ham mengatakan bahwa perangkat kamera dasbor atau dashcam menjadi andalan para pemilik mobil untuk bisa terhindar dari upaya penipuan, karena kita tidak pernah tahu kapan peristiwa itu bakal terjadi.

"Untuk mengatasi permasalahan ini, diperlukan suatu alat yang bisa diandalkan, kuat untuk merekam terus menerus dan terpercaya," ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Jumat 4 Februari 2022.

Menurut Rudy, memilih dashcam tidak bisa sembarangan. Karena, bisa aja ketika terjadi suatu peristiwa, rekamannya tidak ada atau alatnya sudah tidak bekerja dengan baik.

“blackvue didesain khusus untuk bisa bekerja di suhu panas dalam mobil, berkualitas dan awet, sertta memiliki teknologi sistem manajemen penyimpanan, sehingga rekamannya selalu terjaga,” tuturnya.

Fitur lainnya yang tidak kalah penting, yakni kemampuan untuk merekam ke berbagai arah. Cara mengakses gambar juga sangat mudah, yakni menggunakan ponsel.

”blackvue tidak memiliki layar sehingga bentuknya lebih kecil, dan lebih tahan panas. Ada juga tipe Cloud yang bisa terkoneksi ke internet, dan bisa diakses dari jarak jauh,” jelasnya.

Kisaran harga dashcam blackvue berkisar antara Rp1 juta hingga Rp11 juta, tergantung dari fungsi dan seberapa luas wilayah rekaman yang ingin dipantau.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya