Penyebab dan Solusi Atas Knalpot Motor Nembak Saat Lepas Gas

Knalpot sepeda motor. Foto ROL
Sumber :
  • U-Report

VIVA –  Knalpot motor merupakan salah satu komponen yang kerap mengalami masalah. Salah satu permasalahan yang sering terjadi adalah knalpot nembak-nembak saat digas, di mana suara yang keluar cukup kencang.

Pengendara yang Siksa Pemotor dengan Geberan Knalpot Yamaha RX-King, Akhirnya Begini

Ada beberapa penyebab kenapa knalpot motor bisa nembak. Yakni:

1. Lupa Tutup Choke

Ribut dengan Pemotor Lain, Pengendara Yamaha RX-King Ini Dipaksa Cium Asap Knalpotnya Sendiri

Penyebab pertama sangat sepele tetapi sering dilewatkan. Ketika Anda membuka choke, jangan lupa untuk langsung menutupnya agar tidak mengalami masalah. Hal ini juga akan menyebabkan munculnya aliran deras dari bahan bakar sehingga menyebabkan keborosan.

2. Knalpot Bocor

Sesuai Harapan Netizen, Motor Aerox Langsung Terbakar Usai Digeber-geber Knalpotnya saat Takbiran

Komponen yang mengalami kebocoran itu berasal dari knalpot itu sendiri. Cara mengetahuinya adalah dari suara kendaraan mengalami kebisingan atau tidak.

3. Masalah Pada Saluran Mesin

Biasanya hal ini terjadi pada bagian selang udara, jika normal maka tidak akan memunculkan suara berisik. Saluran mesin ini sangat diperlukan saat proses pembakaran sehingga bisa menahan suara bising yang muncul.

Ada bagian lain yang juga harus Anda rawat kondisinya yaitu karburator agar performanya tetap baik. Jika tidak maka akan mengganggu kinerja dari komponen yang lainnya.

4. Masalah Busi

Jika busi mengalami kerusakan, maka kinerjanya tidak akan maksimal. Proses pengapian juga tidak akan maksimal.

5. Banyak Campuran di Bahan Bakar

Penyebab knalpot motor nembak saat lepas gas yang berikutnya adalah adanya banyak campuran pada bahan bakar. Biasanya jumlah udara lebih banyak dibandingkan dengan bahan bakar.

Solusi Atasi Knalpot Nembak

Cek kondisi knalpot, dan mengatur ulang bagian karburator dan pilot screw. Anda bisa menyesuaikannya dengan standar pada kendaraan. Lalu cek bagian busi, jika pada bagian busi mengalami masalah, Anda bisa langsung mengganti busi tersebut dengan yang busi yang baru.

Jika kedua cara di atas tidak bisa, maka Anda dapat menggunakan cara yang terakhir ini yaitu dengan melakukan penggantian filter udara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya