Tips Mudah Melindungi Mobil dari Karat

Karat pada bodi mobil.
Sumber :
  • Toyota

VIVA – Setiap pemilik mobil pasti ingin kendaraannya tetap terlihat cantik dan prima. Untuk mempertahankan tampilan tersebut, butuh pelindung dan perawatan yang teratur.

Mengungkap Status Mobil Eks Mentan SYL yang Disembunyikan di Tanah Kosong

Meski saat ini banyak unit telah diberikan lapisan khusus untuk melindungi dari karat, namun hal tersebut tidak bisa dijadikan jaminan. Terutama, jika jarang dicuci atau kerap melintasi area yang dekat pantai.

Terik matahari langsung maupun hujan juga bisa mengakibatkan lapisan karat mulai muncul pada bodi. Maka dari itu, sebagai perlu melindungi bodi mobil agar terhindar dari karat.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 25 Mei 2024

Lantas, bagaimana caranya? Dikutip VIVA Otomotif dari MotorBiscuit, Kamis 24 Februari 2022, ada beberapa cara terbaik untuk mengatasi masalah tersebut. Pertama yakni menggunakan lapisan keramik, untuk mengurangi kerusakan bodi pada mobil.

Ilustrasi poles mobil

Photo :
  • kabarukm.com
Toyota Kenalkan Innova Baru Edisi 2024

Beberapa salon mobil merekomendasikan pelapisan keramik, sebagai alternatif yang lebih baik untuk menjaga tampilan kendaraan. Lapisan ini berfungsi melindungi cat mobil supaya tidak mudah rusak, meski kondisi keadaan lingkungan yang buruk.

Tips selanjutnya yaitu sesering mungkin mencuci mobil, setidaknya setiap dua minggu sekali. Diketahui terlalu banyak kotoran pada mobil dapat menyebabkan karat lebih cepat menumpuk.

Namun apabila mobil memiliki karat, maka segera gunakan semprotan antikarat untuk mencegah kerusakan yang lebih parah. Cara penggunaannya terbilang mudah, cukup bersihkan area karat dan semprotkan cairan tersebut hingga mengering.

Cara tersebut menjadi alternatif yang baik, jika pemilik mobil tidak memiliki waxing atau pelapisan keramik. Setelah merawatnya, jangan lupa untuk jaga sumbat pembuangan agar tetap bersih.

Biasanya saluran air pembuangan mobil sering diabaikan oleh pengendara mobil, apabila dibiarkan maka akan menyebabkan karat pada bagian tersebut. Maka ketika mencuci mobil, ingatlah untuk memeriksa sumbat saluran pembuangan dan bersihkan.

Tips lainnya yaitu dengan menjaga interior mobil tetap kering. Saat basah, kemungkinan besar kelembapan akan menyasar ke eksterior yang mengakibatkan karat muncul.

Maka dari itu, apabila ada tumpahan air di dalam mobil, maka segera mungkin untuk bersihkan menggunakan kain kering atau tisu agar tidak menyebabkan munculnya korosi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya