Cara Mudah Merawat Aki Motor agar Tidak Tekor

Ilustrasi aki motor
Sumber :
  • Federal Oil

VIVA – Aki sepeda motor merupakan salah satu komponen, yang memiliki peran sangat penting. Benda ini memiliki fungsi untuk menyalakan peralatan listrik seperti lampu, dan juga mengatur sistem pembakaran mesin.

Bale Santai Honda untuk Pemudik Motor Tersedia di KM 35 Serang

Diketahui. banyak dari pengendara motor tidak memperhatikan utama kompenen ini. Apabila aki tidak dirawat dengan benar, akan menyebabkan mogok.

Maka itu, penting sekali merawat komponen ini agar tidak menyebabkan masalah pada motor. Lantas, bagaimana caranya?

Mobil Mau Dipakai Mudik, Jangan Cuma Ganti Oli

Dikutip VIVA Otomotif dari Batterycentre, Jumat 25 Februari 2022, ada lima cara merawat aki sepeda motor agar berfungsi optimal.

Ilustrasi aki sepeda motor

Photo :
  • Youngchoppers
Terpopuler: Pemotor yang Mudik akan Dikawal, 2 Motor Baru Honda di Indonesia

1. Pilih Aki yang Tepat
Pilih baterai yang bebas perawatan, karena lebih efektif dan tidak kehilangan air selama pengisian. Jadi, tidak perlu khawatir tentang kebocoran. Perlu diingat, jika aki dilengkapi sensor, maka perlu untuk menggantinya secara bersamaan dengan baterai.

2. Bersihkan Aki
Untuk menghilangkan korosi terminal aki, gosok dengan sikat kawat agar bersih dari debu, kotoran, dan polutan kecil. Pastikan tutup ventilasi baterai kencang, untuk mencegah kotoran masuk ke dalam sel.

Setelah melakukan tahap pembersihan, jangan lupa lap pada bagian sekitar dengan handuk bersih agar cepat kering. Selain itu, jangan lupa untuk semprot menggunakan anti-korosi di setiap terminal baterai untuk mencegah penumpukan karat. 

3. Periksa Ketinggian Cairan
Sebagai pengendara sepeda motor wajib meriksa cairan aki setidaknya sebulan sekali. Usahakan tidak melebihi batas maksimum dan bawah yang tertera. Jika sudah mendekati batas bawah, segera tambahkan cairan air suling.

Perawatan semacam ini harus dilakukan setiap bulan, seiring sepeda motor dipakai untuk kegiatan rutininas sehari-hari.

4. Isi Daya
Arus pengisian menjadi kunci penting, supaya aki tetap awet. Jangan pasang aksesori berlebih yang bisa membuat beban listrik menjadi lebih besar. Apabila motor lama tidak digunakan, hidupkan mesin menggunakan starter engkol dan kendarai selama beberapa menit supaya aki kembali terisi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya