Jangan Pakai Semir! Simak Cara Bersihkan Ban Motor yang Benar

Membersihkan ban motor.
Sumber :
  • Wahana Honda.

VIVA – Ban merupakan satu-satunya komponen kendaraan yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Itulah mengapa, untuk memastikan kondisinya tetap prima, sang pemilih diharuskan merawat dan mencucinya secara rutin.

Viral Bengkel di Puncak Bogor Getok Harga Ganti Ban Mobil Rp200 Ribu, Polisi Turun Tangan

Meski terbilang mudah, namun tak semua orang mengetahui cara membersihkan ban dengan baik dan benar. Bahkan, tak jarang, kebiasaan yang keliru membuat karet bundar tersebut mudah mengalami kerusakan.

Berkaca dari kenyataan tersebut, Wahana Honda membagikan tips atau cara mudah membersihkan ban motor di rumah. Pertama-tama, harus dipahami, jangan pernah mencoba menyemirnya. Sebab, hal itu bisa menghilangkan elastisitas ban.

Daftar Lengkap Promo Sepeda Motor Honda Usai Lebaran

Ban motor IRC RX-02

Photo :
  • IRC

Biar tak penasara, berikut cara membersihkan ban motor yang baik dan benar, dikutip VIVA Otomotif, Minggu 27 Februari 2022.

Cek 7 Komponen Ini Setelah Mobil Dipaksa Kerja Keras saat Mudik Lebaran

1. Cuci Pakai Air Bersih

Sebenarnya, pemilik kendaraan sudah bisa melenyapkan kotoran di ban hanya dengan membasuhnya dengan air bersih. Namun, akan lebih baik apabila komponen tersebut dibersihkan menggunakan air dari selang bertekanan tinggi. Jadi, kotoran yang terselip di sela-sela ban bisa ikut terangkat.

2. Sikat Ban

Sembari mencucinya dengan air bersih, sikat ban hingga ke sela-sela terkecil. Langkah ini penting untuk memastikan tidak ada kerikil yang tertinggal di sana. Jika perlu, kalian bisa memakai sikat gigi bekas untuk menjangkau area-area kecil tersebut.

3. Gunakan Minuman Bersoda

Belum banyak pemilik kendaraan yang menyadari pentingnya peran minuman bersoda untuk kebersihan ban. Padahal, caranya terbilang mudah. Kalian hanya perlu menuangnya ke permukaan ban, lalu tunggu sampai kering. Tanpa menunggu lama, komponen tersebut kembali menghitam seperti baru.

Selain mudah, membersihkan ban menggunakan minuman bersoda terbilang lebih murah. Bahkan, untuk mendapatkannya, kalian hanya perlu mengunjungi toko terdekat.

4. Pakai Silikon Murni

Bukan hanya sampo motor dan minuman bersoda, silikon murni juga bisa dipakai untuk membersihkan ban motor. Kalian bisa membelinya di toko bahan kimia. Penggunaan silikon murni bakal memberikan hasil lebih baik, sebab mampu memberikan kelembapan pada ban motor.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya