Cara Mencegah Mesin Mobil Overheat Ketika Terjebak Macet

Ilustrasi mesin mobil overheat.
Sumber :
  • Autogook

VIVA – Pada akhir pekan kemarin, terjadi lonjakan arus lalu lintas di kawasan Puncak, Bogor hingga membuat macet selama berjam-jam. Banyak dari masyarakat menggunggah video terjebak macet hingga 17 jam, disebabkan jumlah kendaraan yang membeludak. 

Hyundai Santa Fe Baru Tertangkap Kamera sedang Tes Jalan di Jakarta

Tidak hanya mengganggu perjalanan, kemacetan pun bisa menyebabkan mobil mengalami overheat, atau panas mesin yang melebihi batas ukuran normal. Lantas, bagaimana cara mencegah supaya hal itu tidak terjadi?

Dikutip VIVA Otomotif dari laman resmi Suzuki, Selasa 1 Maret 2022, ada beberapa trik dan tips yang bisa dilakukan oleh pengendara. Pertama, periksa radiator dan pastikan airnya dalam batas sesuai aturan.

Toyota Starlet Bakal Dihidupkan Lagi sebagai Mobil Listrik, Begini Tampangnya?

Mesin yang dibiarkan dalam kondisi hidup terus menerus akan membuat air radiator overheat, terutama jika sistem pendingin tersebut bermasalah.

Kipas radiator

Photo :
  • Sggarage
Isuzu Pamer Teaser V-Cross Facelift, Meluncur Sebentar Lagi

Maka dari itu, pantau dan pastikan sirkulasi air radiator lancar. Umumnya, sirkulasi air terhambat karena ada sumbatan berupa karat, tumpukan kerak, atau karena sebab lainnya.

Perlu diingat, saat ingin mengecek radiator, pastikan mesin mobil dalam kondisi dingin. Pasalnya, jika tutup radiator dibuka saat mesin mobil dalam kondisi panas, air radiator akan menyembur.

Kedua, pastikan kipas pendingin berfungsi maksimal pada kendaraan. Jika kipas tidak bekerja dengan maksimal, radiator pun akan mudah panas dan menyebabkan mesin mudah mengalami overheat.

Apabila putaran kipas pendingin mengalami masalah, segera perbaiki ke bengkel mobil terpercaya untuk diperiksa lebih lanjut. Langkah ketiga, jika sedang mengalami kemacetan panjang selama berjam-jam, sebaiknya matikan mobil.

Penting diketahui, untuk mendinginkan mesin, tidak cukup hanya dengan mematikan mesin atau memarkirkan mobil di tempat teduh. Pengendara wajib membuka kap mesin agar udara panas yang terjebak di dalam area mesin bisa berganti dengan udara yang masih segar.

Sembari menunggu kemacetan terurai, pengendara bisa mencari dulu tempat istirahat yang nyaman. Namun, jangan lupa untuk awasi dan pantau mobil, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Intinya, sebelum melakukan perjalanan berlibur atau tempat wisata, pastikan dulu mobil dalam kondisi prima. Jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin pada kendaraan agar tidak terjadi masalah, salah satunya overheat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya