Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Kemacetan lalu lintas jalur puncak hingga stangnan belasan Jam.
Kemacetan lalu lintas jalur puncak hingga stangnan belasan Jam.
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR

VIVA – Puncak, Bogor, Jawa Barat masih menjadi salah satu tempat wisata yang digemari warga Ibu Kota. Tidak heran saat memasuki waktu libur, untuk menuju kawasan tersebut terjadi kemacetan di beberapa titik.

Bahkan libur panjang beberapa waktu lalu Puncak, Bogor menjadi trending di media sosial, mengingat jumlah kendaraan yang membludak. Bahkan pengguna mobil rela terjebak macet hingga belasan jam.

Bengkel Toyota Auto2000

Bengkel Toyota Auto2000

Photo :
  • Istimewa

Akibat kondisi tersebut, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan terutama untuk kondisi mesin mobi. Sebab berhenti dalam waktu lama dengan posisi mesin yang hidup akan membuat beberapa panas berlebih.

Dari situasi tersebut, ada yang menganggap oli mesin memuai, atau bisa berkurang jika terlalu lama terjebak macet. Lantas apakah benar hal itu terjadi?

Customer Satiscation Development & Marketing Communication Head Auto2000, Cahaya Fitri Tantriani mengatakan, oli mesin tidak memiliki sistem pendingin khusus. Sehingga kesulitan melepaskan panas yang berlebih saat macet parah.

“Sebagai benda cair, secara alami oli juga mengalami penguapan di suhu tinggi. Memang oli mesin modern memiliki aditif yang membuatnya lebih tahan panas dan tidak mudah menguap,” ujarnya dikutip Viva Otomotif dari keterangan resminya, Sabtu 5 Maret 2022.