Begini Pertolongan Pertama saat Mobil Mogok

Ilustrasi panel instrumen dasbor mobil.
Sumber :
  • Motorhome

VIVA – Saat mobil jarang menjalani pengecekan dan perawatan, kemungkinan yang bisa terjadi adalah nantinya akan mogok. Tak sedikit pemilik kendaraan yang panik ketika kendaraannya mengalami hal itu di tengah jalan.

Aksi Pemudik Angkut Dua Motor dengan Satu Mobil Bikin Warganet Heran

Perlu diketahui, mobil yang mengalami mogok atau mesinnya mati merupakan gangguan yang paling umum dialami oleh para pengendara. Oleh karenanya, pemilik harus mengetahui penyebab mobil mogok sehingga dapat melakukan pertolongan pertama.

Lantas, bagaimana caranya? Dikutip VIVA Otomotif dari Suzuki, Selasa 8 Maret 2022, apabila mengalami masalah tersebut, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Berikut ini beberapa cara mudah mengatasi mobil yang mogok di jalan.

Horor! Kecelakaan Terjadi Lagi di Tol Cikampek, Kali Ini Mobil Terbalik di KM 57

Pertama, arahkan mobil ke pinggir atau bahu jalan, agar tidak mengganggu kendaraan lain ketika melintas. Jika mobil tiba-tiba mengalami mati mesin dan tidak bisa dinyalakan, langsung meminta bantuan orang lain untuk mendorongnya ke tepi jalan.

Ilustrasi mendorong mobil.

Photo :
  • Seva.id
Viral Pemudik Taruh Kucing di Atap Mobil, Netizen: Kendaraan Elit Kandang Sulit

Hal itu akan menghindari kemacetan atau gangguan lalu lintas. Selain itu, proses perbaikan mobil akan lebih aman jika dilakukan di pinggir atau bahu jalan. 

Langkah selanjutnya, cek lampu indikator pada panel instrumen, yang biasanya akan memberikan sinyal penyebab mobil mogok. Perhatikan lampu indikator tersebut, kemudian periksalah kemungkinan komponen yang mengalami kerusakan.

Ketiga, cek bagian lainnya yang mengalami kerusakan. Misalnya, apabila indikator menyimbolkan oli yang habis, maka harus segera mengisinya lagi. Namun, jika mengindikasikan pasokan bensin rusak, maka segeralah hubungi pihak bengkel resmi terdekat untuk proses lebih lanjut.

Apabila lampu indikator menunjukkan mesin overheat, tunggulah sebentar. Periksalah bagian radiator, saat kondisi mesin sudah dingin dan jangan sekali-kali membuka tutupnya walau sudah terasa hangat.

Diketahui penyebab mobil mogok memang sangat banyak, tapi bukan berarti hal tersebut tidak dapat dihindari. Untuk mencegah terjadinya mobil mogok, maka rutin perawatan minimal sebulan sekali agar berkendara lebih nyaman.

Selain itu, jangan lupa untuk memanaskan mesin mobil sebelum digunakan untuk berkendara. Hal ini dilakukan agar performa mesin dapat maksimal ketika mobil dipakai untuk aktivitas sehari-hari. 

Untuk berjaga-jaga akan adanya masalah, sebagai pengendara hendaknya menyimpan nomor telepon kantor atau pegawai bengkel langganan pada smartphone. Cara ini akan sangat membantu, terlebih lagi sedang situasi darurat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya