Cara Gampang Merawat Jok Motor Biar Tetap Nyaman

Ilustrasi jok sepeda motor
Sumber :
  • dok. Honda

VIVA – Jok motor memiliki peran penting pada kenyamanan saat berkendara. Namun, banyak dari pemilik kurang memperhatikan dan merawat bagian tersebut.

Pentingnya Merawat Lingkungan dengan Melakukan Konservasi Air

Perlu diketahui, bahwa lama kelamaan warna jok akan memudar dan tak jarang mengalami berlubang. Hal itu membuat tampilan kuda besi terlihat tidak menarik untuk digunakan.

Maka dari itu, penting sekali untuk merawat dan membersihkan jok motor berbahan kulit agar nyaman ketika berkendara. Lantas, bagaimana caranya?

Penuh Haru, Pemuda Ini Tidur di Samping Jenazah Ayah, Menunggu Pagi untuk Dimakamkan

Dikutip VIVA Otomotif dari AstraMotor, Rabu 30 Maret 2022, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam merawat jok motor. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah membersihkan noda pada jok motor.

Ilustrasi jok motor.

Photo :
  • Motofomo
Tips Efektif Mencegah Rambut Bercabang

Untuk masalah noda membandel ini, ada solusi mudah yang bisa dilakukan, yaitu menyiapkan kain bersih yang bertekstur lembut dan minyak tanah. Lalu, gosok perlahan-lahan pada titik noda yang membandel pada jok motor.

Setelah itu, tunggu beberapa menit dan bilas hingga bersih menggunakan air untuk menghilangkan bau minyak tanah. Langkah selanjutnya, melakukan pencucian jok motor kulit secara rutin, setidaknya dilakukan seminggu sekali.

Dalam mencuci bagian tersebut akan lebih baik jika menggunakan pembersih sabun khusus, supaya jok motor mengkilap. Perlu diingat, gunakan lap kain bersih berbahan lembut, dan jangan gunakan sikat yang kasar karena itu dapat merusak tekstur jok motor.

Cara selanjutnya adalah jangan membiarkan jok motor kepanasan. Pengendara seringkali memarkir motor di tempat yang panas atau paparan sinar matahari langsung. Hal itu sangat tidak dianjurkan untuk jok motor, karena bisa menyebabkan cat pudar. 

Jika memang sangat terpaksa harus parkir di tempat yang panas dalam waktu yang lama, bisa gunakan cover jok yang dijual pasaran, dimulai harga Rp20 ribu. Langkah terakhir, perhatikan detail dalam mengatur muatan jok motor. 

Jika pengendara sering membawa muatan seperti benda-benda bertekstur kasar, ada baiknya lapisi dulu jok motor dengan kardus yang sedikit tebal. Hal ini berguna untuk menghindar jok terkena benda kasar dan akhirnya berlubang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya