Dashcam Kini Bisa Bantu Kurangi Risiko Kecelakaan Mobil

Ilustrasi kamera dasbor atau dashcam.
Sumber :
  • Blackvue

VIVA – Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan di jalan raya, yakni karena pengemudi yang kurang konsentrasi. Hal itu bisa disebabkan oleh rasa letih, mengantuk hingga kurangnya fokus akibat melakukan kegiatan lain.

Nissan Magnite Kena Recall akibat Sensor Gagang Pintu Bermasalah

Komite National Keselamatan Transportasi mencatat, sekitar 80 persen kecelakaan terjadi di jalan tol akibat pengemudi mengantuk dan letih. Sementara, data dari pengelola jalan tol menunjukkan 52 persen dari insiden diakibatkan oleh kurangnya antisipasi.

Sebagai upaya untuk mengurangi angka tersebut, penyedia aksesori Blackvue menghadirkan produk baru mereka di pameran IIMS 2022 berupa kamera dasbor yang bisa memantau kondisi pengemudi.

Adu Banteng Pick Up Dengan Dua Motor di Citayam, Seorang Meninggal Dunia

Produk dengan kode DR750X-3CH DMS Plus itu dirancang untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan di jalan. Tidak hanya memberi peringatan ketika pengemudi mengantuk, alat ini juga bisa mendeteksi kecepatan kendaraan, rem mendadak serta melewati tikungan dengan kecepatan tinggi.

Dashcam Blackvue terbaru di IIMS 2022.

Photo :
  • Istimewa
Toyota Luncurkan Land Cruiser Versi Tangguh, Harga Lebih Murah

Kamera dasbor ini memiliki spesifikasi tiga kanal dengan konektivitas Cloud, kamera depan dan belakang menggunakan lensa Sony Starvis untuk menghasilkan kualitas gambar terbaik di kondisi cahaya apa pun.

Kamera monitor-pengemudi merekam dan mendeteksi tanda-tanda mengantuk atau tidak konsentrasi, serta dilengkapi dengan LED inframerah untuk pemantauan siang dan malam.

Dashboard camera atau dashcam tersembunyi ini juga dilengkapi dengan pelacak GPS untuk merekam kecepatan mobil dan menyimpan lokasi, serta kemampuan terhubung ke internet melalui Wi-Fi.

Blackvue menghadirkan fitur terbaru yaitu Seamless Pairing, di mana pemilik bisa menghubungkan kamera dengan ponsel tanpa perlu proses yang rumit. Tersedia juga Native Parking, yang berguna memantau kondisi mobil saat ditinggal di parkiran.

Dari penelusuran VIVA Otomotif di pameran IIMS 2022, Minggu 3 April 2022, Blackvue DR750X-3CH DMS Plus ditawarkan dengan harga Rp11.090.000. Mereka juga menyediakan dashcam lain, yang banderolnya mulai dari Rp2 jutaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya