Cara Mudah Pantau Mobil Lewat Internet

Ilustrasi kamera dasbor atau dashcam.
Ilustrasi kamera dasbor atau dashcam.
Sumber :
  • Dok: Blackvue

VIVA – Setiap mobil zaman sekarang dibekali dengan sistem alarm, yang berfungsi memberi tahu pemilik ketika ada upaya pembobolan. Namun sayangnya, cara ini memiliki satu kelemahan yakni kurang berguna saat pemilik berada jauh dari lokasi parkir.

Meski alarm berbunyi nyaring, tapi sang pemilik besar kemungkinan tidak menyadarinya karena sedang berada di ruang rapat. Hal yang sama juga terjadi, saat kendaraan ditabrak oleh mobil lain dan pelaku kabur begitu saja.

Salah satu cara mengatasinya, yakni dengan membuat mobil menjadi lebih canggih dengan memasang kamera dasbor atau dashcam Blackvue DR750X-2CH LTE Plus. Produk ini diperkenalkan secara perdana di pameran IIMS 2022, yang saat ini digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Perbedaan dengan dashcam lainnya adalah kemampuan untuk terhubung ke internet melalui slot kartu SIM yang tersedia. Pemilik cukup memasang kartu sesuai penyedia jaringan favoritnya, lalu menghubungkan peranti tersebut dengan aplikasi yang tersedia.

Ilustrasi kamera dasbor atau dashcam.

Ilustrasi kamera dasbor atau dashcam.

Photo :
  • Dok: Blackvue

Ketika ada benturan terhadap mobil, maka seketika itu juga pemberitahuan akan dikirim ke smartphone sehingga sang pemilik bisa melakukan pengecekan melalui rekaman yang disimpan di cloud.

Melalui keterangan resmi yang diterima VIVA Otomotif pada Selasa 5 April 2022, Blackvue mengatakan bahwa alat tersebut juga bisa mendeteksi jika kendaraan melewati batas kecepatan yang ditentukan, mengerem secara tiba-tiba, belok secara tiba-tiba, maupun akselerasi mendadak, yang berguna untuk pemilik jasa rental.