Dashcam Mobil Bisa Berfungsi Jadi CCTV, Begini Caranya

Ilustrasi kamera dasbor atau dashcam.
Sumber :
  • Dok: Blackvue

VIVA – Saat ini banyak pemilik mobil yang mulai memasang kamera dashboard camera atau dashcam pada kendaraan mereka. Tujuannya yakni untuk merekam peristiwa saat mereka melintas di jalan.

Gaji di Timnas Miliaran, Pelatih Shin Tae-yong Mudah Beli Hyundai Palisade tiap Bulan

Video yang direkam oleh peranti yang dikenal dengan nama kamera dasbor itu bermacam-macam, mulai dari adegan unik hingga kecelakaan. Gambar bisa dijadikan sebagai barang bukti ke pihak asuransi, untuk mempermudah klaim.

Namun saat ini fungsi dashcam sudah lebih luas lagi, di mana perangkat tersebut dapat difungsikan sebagai kamera pengawas atau CCTV ketika mobil sedang ditinggal pemiliknya.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Seperti yang ditawarkan oleh Blackvue DR750X-3CH Plus, yang dibekali dengan kamera depan dan belakang serta dapat terhubung ke cloud untuk menyimpan hasil rekaman. Selain melalui Wi-Fi, pemilik juga bisa memasang kartu SIM pada slot yang tersedia.

Ilustrasi kamera dasbor atau dashcam.

Photo :
  • Dok: Blackvue
Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan

Dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi Blackvue, Kamis 7 April 2022, lensa yang digunakan adalah Sony Starvis, yang bisa menghasilkan kualitas gambar terbaik di kondisi terang maupun gelap. Kamera interior dapat merekam bahkan di kondisi kegelapan penuh, karena dilengkapi dengan LED infra merah.

Adanya fitur Native Parking berguna untuk memantau mobil ketika sedang ditinggal di tempat parkir maupun pinggir jalan. Durasi perekaman video dapat diatur, sesuai dengan kebutuhan.

Dengan adanya dukungan cloud, maka pemilik mobil bisa dengan mudah memantau situasi saat kendaraan digunakan oleh orang lain. Misalnya, sopir mengantar anak ke sekolah. Alat ini juga mampu memantau jika mobil melaju terlalu kencang, atau belok dengan kecepatan tinggi.

Blackvue DR750X-3CH Plus ditawarkan dengan harga Rp8.690.000. Produk ini diperkenalkan perdana di pameran IIMS 2022, dan tersedia model lain dengan banderol Rp2-11 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya