Benda Ini Kecil dan Sepele, tapi Bisa Bikin Mobil Kecelakaan

Ilustrasi batu kerikil di ban mobil.
Sumber :
  • Howotruck

VIVA – Meski hanya berupa karet bundar, namun ban memegang peran penting pada kendaraan. Tanpa komponen ini, mobil atau sepeda motor akan kesusahan bergerak.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi Selasa 7 Mei 2024

Jadi, sudah seharusnya pemilik kendaraan menjaga kondisi ban agar selalu dapat diandalkan ketika menyusuri jalanan. Perawatan ban tidak sesulit yang dibayangkan, cukup sediakan waktu beberapa menit saja.

Perawatan tidak hanya dilakukan dengan memastikan tekanan anginnya sesuai standar saja, namun juga melihat apakah ada benda asing seperti batu dan kerikil menempel pada permukaannya.

Mobil Dinas Polri Terlibat Kecelakaan di Tol MBZ, Ini Kata Polda Metro

National Sales Manager Truck and Bus Radial PT Hankook Tire Sales Indonesia Ahmad Juweni mengatakan bahwa pecahan kaca, batuan dan kerikil dapat mengganggu kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

Ilustrasi ban mobil.

Photo :
  • Pixabay/Mikesphotos
Kendaraan Tempur Pengawal Para Kepala Negara saat World Water Forum di Bali

Jika dibiarkan menempel atau menyangkut pada alur ban, benda itu dapat hingga menyebabkan ban kempis maupun pecah. Hal ini bisa juga terjadi pada kendaraan niaga, yang biasa memiliki beban dan tekanan angin tinggi.

“Banyak pemilik dan pengendara mengira, kerikil tersebut akan keluar dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Namun terkadang dengan gerak gulir ban tersebut, batuan maupun kerikil akan semakin terdorong ke dalam,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Senin 18 April 2022.

Beberapa angkutan niaga truk ataupun bus menggunakan ban vulkanisir. Setelah aus maksimal, perusahaan melakukan vulkanisir atau proses pemasangan tapak ban baru.

Ban-ban yang memiliki kerikil atau batuan, terkadang bisa digunakan hingga worn out. Namun, proses vulkanisir tidak bisa dilakukan pada ban-ban tersebut. Hal ini akibat telah terjadi korosi atau tread separation yang disebabkan oleh sayatan benda asing tersebut.

Hankook Tire menganjurkan para pemilik dan pengendara untuk melakukan pengecekan ban, sebelum melakukan perjalanan dengan memastikan kondisi tapak ban. Jika ditemukan kerikil atau batuan yang menempel pada tapak ban, disarankan segera membersihkannya.

“Pembersihan permukaan ban dapat dilakukan secara bersamaan dengan pengecekan berkala pada tekanan angin, di mana keduanya dapat dilakukan sebelum kendaraan niaga melakukan perjalanan panjang,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya