Muncul Gejala Ini Pertanda Oli CVT Motor Matik Harus Diganti

Ilustrasi cek oli motor matik
Sumber :
  • Dok: Evalube

VIVA – Motor matik menjadi model paling populer di Indonesia saat ini. Kendaraan beroda dua itu disukai karena mudah dikendarai, serta tampilannya menarik.

Skutik Matik Kuasai Pasar Mokas, Begini Nasib Motor Sport 150cc

Satu hal yang membedakan dari motor model lain, yakni tidak adanya rantai sebagai penyalur tenaga mesin ke roda belakang. Pada skuter matik, sistemnya menggunakan sabuk.

Meski praktis karena tidak perlu memindahkan gigi, namun model ini membutuhkan perawatan lebih, yakni pemilik harus memastikan bahwa pelumas yang ada di rumah transmisi CVT tetap pada volume yang disarankan pabrikan.

Daftar Motor Matik Bekas Paling Laku di Pasaran

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Evalube, Rabu 27 April 2022, oli CVT berfungsi melumasi dan melancarkan gear ratio pada sistem transmisi otomatis. Jika berkurang atau lama tidak diganti, maka bisa menimbulkan kerusakan.

Ilustrasi CVT motor matik.

Photo :
  • Dok: AHM
Enaknya Jadi PNS, Baru Masuk Kerja Setelah Lebaran Dikasih Motor Baru

Waktu yang ideal bagi pengguna motor matik untuk melakukan pergantian oli CVT yaitu mulai dari empat hingga delapan bulan pemakaian, tergantung pada jenis dan merek motor yang digunakan.

Tujuan penggantian oli transmisi ini secara rutin yaitu agar perpindahan transmisi otomatis pada motor tetap lancar dan membuat CVT lebih awet.

Oli CVT yang sudah lama tidak diganti akan menyebabkan suara bising. Penyebabnya yakni pelumas sudah mulai encer. Selain itu, mesin juga bisa menimbulkan getaran yang cukup besar dan mengganggu. Jadi, jika dua tanda itu muncul sebaiknya segera bawa ke bengkel.

Evalube Kunjungi Lima Kota

Pada bulan ramadhan tahun ini, Evalube berkunjung ke lima kota besar di Indonesia untuk memberikan santunan kepada pondok pesantren dan ratusan anak-anak yatim. Mulai dari perlengkapan sekolah hingga uang tunai. Lima kota yang dimaksud adalah Banda Aceh, Padang, Yogyakarta, Samarinda, serta Bandung.

Acara Evalube

Photo :
  • Dok: Evalube

“Santunan yang kami berikan tersebut merupakan wujud rasa syukur, atas kelancaran operasional dan pencapaian Evalube hingga saat ini,” ujar Commercial Director Evalube, Yomie Harlin.

Mereka juga berkeliling memberikan makanan berbuka puasa, kepada ribuan mekanik bengkel dan pekerja
informal yang tersebar di lima kota besar tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya