Usai Mudik, Komponen Penting Mobil Ini Wajib Diperiksa Kembali

Servis mobil di bengkel resmi Suzuki
Sumber :
  • Dok: SIS

VIVA  – Setelah melakukan mudik lebaran 2022, para pemilik kendaraan perlu pengecekan ulang mobil mereka. Hal itu dilakukan agar memastikan kendaraan selalu dalam keadaan prima.

Pembeli Mobil Pertama Enggan Pilih EV, Ini Alasannya

Pengecekan ini tidak hanya bagian luar saja tetapi juga bagian dalam mobil. Apabila tidak segera diperiksa takutnya akan timbul masalah di kemudian hari yang dapat mengganggu akvitas sehari-hari jika menggunakan kendaraan pribadi.

Lantas, komponen penting apa saja? Dikutip VIVA Otomotif dari laman Suzuki, Senin 9 Mei 2022, ada beberapa komponen penting dari mobil yang wajib diperiksa. Apalagi setelah melakukan perjalanan jauh dari kota ke kota.

Bukan Suku Bunga, Ini yang Jadi Perhatian Pembeli Mobil Pertama

Ilustrasi memeriksa mesin mobil

Photo :
  • Carsome

Komponen mobil pertama yang wajib diperiksa adalah aki mobil. Diketahui aki merupakan pusat dari kelistrikan mobil. Tanpa komponen ini, mobil tidak dapat digunakan dengan nyaman.

Daftar Harga Toyota Alphard Bekas Semua Generasi, Mulai Rp100 Jutaan

Jadi, periksa kembali aki mobil pada kendaraan yang dimiliki. Jika mobil mengalami kekurangan tenaga, bisa dipastikan aki mobil bermasalah. Bahkan pada kasus yang lebih parah, mobil tidak dapat menyala sama sekali.

Komponen selanjutnya ialah transmisi, yang berfungsi untuk memindahkan tenaga mobil ke roda. Penting memeriksa rutin komponen ini untuk kenyamanan dalam berkendara.

Ada banyak tipe transmisi yang biasa digunakan pada mobil mulai dari Automatic Gear Shift, Sliding Mesh, Constant Mesh dan Synchro Mesh. Diketahui, masing-masing tipe tersebut memberikan kecepatan putaran yang berbeda-beda.

Untuk komponen terakhir yang tidak kalah penting adalah ban dan suspensi. Sebagus apa pun mesin pada mobil, tentu tidak bisa dikendarai apabila tidak ada ban mobil. Maka dari itu, komponen inilah penting untuk diperiksa kembali.

Pemilik kendaraan wajib untuk melakukan perawatan ban, dengan melakukan pemeriksaan kondisinya secara teratur. Selain itu, jangan lupa untuk mengecek tekanan angin, secara berkala menukar posisi ban dan memperhatikan muatan.

Perlu diketahui bahwa muatan pada mobil akan mempengaruhi tekanan pada ban. Jika mobil mengalami kelebihan muatan, maka dapat menimbulkan masalah, baik pada ban maupun pada komponen lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya