Ini Manfaat Servis Mobil Berkala pada Mesin

Servis mobil di bengkel resmi Suzuki
Sumber :
  • Dok: SIS

VIVA – Banyak pemilik mobil yang acuh dengan perawatan berkala, dan hanya datang ke bengkel saat muncul masalah saja. Padahal melakukan rutin pengecekan dapat membuat kendaraan roda empat menjadi lebih prima dan aman.

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

Diketahui, kondisi mobil yang terlihat baik-baik saja, tidak menjadi jaminan perjalanan mulus. Bisa saja ketika sedang berkendara di jalanan tiba-tiba mengalami mogok, dan kejadian seperti ini sering terjadi oleh pengendara yang jarang memperhatikan mobilnya.

Oleh karena itu, harus melakukan servis secara berkala untuk mengetahui kondisi mobil yang kerap digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Bahkan banyak manfaat yang diberikan, lantas apa saja?

Suzuki Sediakan Aksesori Resmi Jimny 5 Pintu, Ini Daftar Lengkapnya

Teknisi sedang melakukan servis mobil Toyota

Photo :
  • Dok: Toyota

Dikutip VIVA Otomotif dari Suzuki, Jumat 13 Mei 2022, adapun manfaat dari servis secara berkala terhadap mobil pribadi. Manfaat ini pastinya sangat menguntungkan bagi pemilik kendaraan, termasuk menjaga mesin agar tetap prima.

Pengakuan Eks Pegawai Kementan: Gelontorkan Rp 430 Juta Buat Bayar Alphard SYL

Manfaat pertama yang didapatkan ketika sering merawat mobil adalah memberikan kenyamanan ketika berkendara. Diketahui, ketika sedang melakukan servis mobil pasti tahu masalah apa yang terjadi, entah itu bagian luar maupun dalam. 

Jika masalah tersebut cepat ditangani, maka akan membuat berkendara jauh lebih nyaman. Apalagi peluang mobil untuk mogok akan semakin kecil. Ditambah mobil yang sudah berumur, melakukan servis dapat meningkatkan umur pada kendaraan dan dapat digunakan lebih lama.

Manfaat lainnya adalah menghemat biaya operasional ketika sedang mengalami masalah. Diketahui, ketika satu bagian mengalami kerusakan, maka dapat menyebabkan kerusakan pada lebih banyak komponen. 

Namun, apabila sering merawat kendaraan, maka akan menekan biaya operasional lantaran dapat mendiagnosis bagian yang rusak sebelum berdampak signifikan. Sebaliknya, jika diabaikan terlalu lama pada bagian yang rusak dapat menambah biaya yang lebih mahal.

Untuk manfaat terakhir yang dirasakan adalah menjaga harga jual mobil. Apabila sang pengendara rutin melakukan servis mobil maka bisa mempertahankan nilai jual, karena setiap pembeli pasti ingin melihat catatan perawatan sebelum membelinya. 

Mobil yang dirawat dengan baik bisa menjadi pembeda untuk mobil bekas lainnya. Saat berhasil menjaga dan melakukan servis berkala pada kendaraan dengan keadaan baik, maka dapat menjual dengan lebih tinggi dari pasaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya