5 Tanda-tanda Mobil Bakal Mogok

Mobil mogok di jalan.
Mobil mogok di jalan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Meski sudah dirawat dengan baik, bukan tidak mungkin mobil mengalami masalah ketika sedang melaju di jalan. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari kondisi jalan hingga ada bahan bakar yang kotor.

Biasanya pengemudi akan tahu bahwa ada masalah pada kendaraan, saat mesin berhenti berfungsi. Namun, sebenarnya ada beberapa tanda yang bisa dijadikan sebagai panduan, bahwa mobil sedang tidak sehat.

Berikut beberapa tanda bahwa mobil sedang mengalami masalah dan berpotensi mogok, dikutip VIVA Otomotif dari laman Seva.id, Selasa 17 Mei 2022:

1. Tarikan mesin lemah
Ciri pertama jika mobil akan mogok adalah tarikan mesin, yang menjadi lebih lemah dari biasanya. Jika ini terjadi, pengemudi mobil harus segera waspada terutama saat kendaraan berada di tengah jalan. 

Faktor penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari bahan bakar yang sudah menipis hingga masalah pada saringan bensin. 

2. Laju mobil tersendat
Terkadang laju mobil bisa menjadi tersendat, ini menjadi ciri yang paling sering dialami oleh pengendara ketika mobil akan mogok. Penyebabnya yakni aliran bahan bakar ke mesin tidak stabil, baik itu karena saringan kotor atau pompa lemah.

3. Mesin susah hidup
Ketika starter mesin dinyalakan namun jantung pacu tidak langsung berfungsi normal, ini bisa disebabkan oleh adanya gangguan pada sistem pengapian.