Begini Cara Merawat Mobil Bekas yang Tepat

Ilustrasi beli mobil bekas.
Ilustrasi beli mobil bekas.
Sumber :
  • Dok: Mobil88

VIVA – Saat ini mobil bekas masih digandrungi oleh para pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan harga yang lebih murah daripada membeli mobil baru. Meski begitu, banyak yang harus dipertimbangkan ketika sudah membeli mobil bekas, salah satunya perawatan.

Merawat mobil bekas atau seken dengan baik, akan mendapatkan manfaat yang lebih optimal dari penggunaannya. Namun sebaliknya, apabila tidak dirawat dengan baik maka akan terjadi masalah, salah satunya kekurangan performa.

Oleh karena itu, penting untuk merawat mobil bekas. Lantas, bagaimana caranya? Pemilik Showroom Mobil Bekas, Fahmi mengatakan bahwa untuk perawatan kendaraan tersebut terbilang mudah dengan hanya cukup memperhatikan oli mesin.

Ilustrasi ganti oli mobil

Ilustrasi ganti oli mobil

Photo :
  • Carthrottle

"Dalam perawatan mobil bekas intinya hanya satu kalau mau awet yaitu sering ganti oli. Kebanyakan di Indonesia yang memiliki mobil khususnya bekas jarang memperhatikan hal tersebut, cuma hanya pakai aja," ungkap Fahmi kepada VIVA Otomotif, Jumat 20 Mei 2022.

Diketahui, oli mobil merupakan minyak pelumas yang berfungsi untuk melumasi bagian mesin. Banyak ragam oli mesin yang ditawarkan di Tanah Air, tergantung dari jenis pengguna mesin itu sendiri yang membutuhkan oli yang tepat. 

Apabila dibiarkan, mobil akan mengalami beberapa masalah. Adapun masalah yang ditimbulkan akibat jarang mengganti oli khusus mobil bekas seperti penurunan kinerja mesin, konsumsi bahan bakar jadi boros, dan mesin cepat panas.