Kenali Perbedaan Oli untuk Motor Transmisi Matik dan Manual

Ilustrasi ganti oli mesin motor
Ilustrasi ganti oli mesin motor
Sumber :
  • Returnofthecaferacers

VIVA – Saat ini skuter matik menjadi sepeda motor yang paling laku di Indonesia, kendaraan ini menguasai pangsa pasar sebesar lebih dari 80 persen.

Banyak keunggulan yang ditawarkan oleh skuter matik, mulai dari mudah dioperasikan hingga desainnya yang cocok untuk semua orang. Bodi bergaya skuter juga ampuh mencegah sepatu terkena cipratan air, ketika melintasi genangan.

Karena desain mesin dan transmisinya berbeda, maka jenis pelumas yang digunakan juga tidak sama. Lantas, apa jadinya jika skuter matik menggunakan oli yang dibuat khusus untuk motor bebek atau sport?

Division Head B2C PT Pana Oil Indonesia, Reza Ben Ungerer mengatakan bahwa salah satu kerugian memakai oli motor bebek di skuter matik yakni penurunan performa yang cukup besar. Hal yang sama juga berlaku sebaliknya.

Pelumas atau oli untuk sepeda motor.

Pelumas atau oli untuk sepeda motor.

Photo :
  • Dok: PanaOil

“Jika keduanya dipakai untuk jenis transmisi motor yang berbeda, akan menyebabkan performa motor tidak maksimal,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Sabtu 21 Mei 2022.

Reza menuturkan, pelumas pada motor dengan transmisi manual mengandung zat antiselip karena berfungsi juga sebagai pelumas dari gigi persneling. Sementara, oli untuk skuter matik tidak mengandung zat itu sehingga karakternya lebih licin.