Cara Mudah Membersihkan Plafon Mobil agar Tidak Berkerak

Ilustrasi membersihkan plafon mobil.
Ilustrasi membersihkan plafon mobil.
Sumber :
  • Carcarehunt

VIVA – Ada beberapa pemilik mobil yang kurang memperhatikan plafon yang berada di atas kabin. Padahal bagian interior tersebut rentan kusam, sehingga membuat tampilan mobil jadi kurang keren.

Apabila dibiarkan terus menerus, maka bisa jadi berkerak yang dapat menimbulkan bau kurang sedap. Oleh karena itu, penting juga merawat dan membersihkan plafon mobil agar lebih segar dan bikin nyaman para penumpang.

Lantas, bagaimana caranya? Dikutip VIVA Otomotif dari laman resmi Nissan, Selasa 24 Mei 2022, ada beberapa cara praktis yang bisa dilakukan cukup di rumah saja. Bahkan cara ini bisa menghemat uang lantaran enggak harus pergi tempat pencucian mobil yang membutuhkan biaya lumayan besar.

Bersihkan plafon mobil.

Bersihkan plafon mobil.

Photo :
  • Hello-pet

Cara pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan alat dan bahan seperti kain, cairan pembersih kain, ember, dan air bersih. Setelah menyiapkan bahan tersebut, jangan lupa campurkan cairan dan air bersih ke dalam air sebagai sabun.

Setelah itu, basahi kain microfiber dan kemudian peras agar tidak ada air yang menetes dari kain. Jika menggunakan kain yang terlalu basah, hal tersebut dapat membuat plafon pada mobil menjadi lembap dan menjadi tempat berkembangnya bakteri, bisa jadi dapat merusak dan menyebabkan bau pada mobil.

Setelah membasahi kain, usapkan kain tersebut pada bagian plafon yang kotor secara lembut atau perlahan. Jangan terlalu menekan dan kasar karena bisa menyebabkan kerusakan dan sobek. Apabila masih ada noda membandel, bisa tambahkan cairan pembersih khusus.