Ini Penyebab Mesin Mobil Bergetar Ketika Dinyalakan

Ilustrasi kunci mobil
Sumber :
  • Toyota Astra

VIVA – Sebagai pemilik kendaraan pasti kurang memperhatikan mobilnya ketika sedang mau dinyalakan. Hal itu dikarenakan, kebanyakan dari mereka hanya pakai saja untuk kebutuhan aktivitas sehari-hari.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 19 April 2024

Namun, perlu diketahui ketika hendak menyalakan mobil dan merasakan ada getaran yang berbeda, dapat dipastikan kendaraan tersebut sedang mengalami masalah. Apabila tidak diketahui segera, bisa-bisa mobil kehilangan performa.

Oleh karenaya, penting untuk memperhatikan detail terkait kendaraan yang dimiliki, salah satunya saat menyalakan mesin. Jika ada perbedaan dari biasanya, langsung segera tindak lanjuti untuk mengetahui masalah apa yang terjadi.

Catherine Wilson Ngaku Malu, Mobil Pemberian Idham Masse Ditarik Pihak Leasing

Dikutip VIVA Otomotif dari Suzuki, Rabu 25 Mei 2022, ada beberapa penyebab masalah pada mesin yang bergetar saat hendak menyalakan mobil. Penyebab utama dari masalah ini adalah pada kerusakan engine mounting

Ilustrasi tune up mesin mobil.

Photo :
  • Seva.id
Baliho Ambruk Timpa Mobil di Parung Bingung, Arus Lalulintas Tersendat

Diketahui, komponen tersebut bekerja untuk menahan mesin supaya selalu berada di posisi yang stabil. Apabila mengalami kerusakan, artinya tidak bisa lagi mencengkeram getaran yang dihasilkan mesin. Biasanya, getaran yang ditimbulkan keras dan tidak bisa dihindari lagi oleh mobil.

Oleh karena itu, selalu merawat dan mengecek engine mounting pada kendaraan. Hal itu sebagai bentuk antisipasi agar tidak mengalami masalah yang ditumbulkan. Jangan lupa untuk selalu konsultasi kepada bekel resmi mobil, agar mengetahui masalah lainnya pada kendaraan yang dimiliki.

Selain penyebab dari komponen tersebut, ada penyebab lainnya seperti shockbreaker yang mengalami masalah. Diketahui komponen ini sebagai kestabilan mobil saat dikendarai. Apabila mengalami masalah, maka kendaraan akan tidak seimbang dan mengganggu perjalanan.  

Ketidak-seimbangan tersebut menimbulkan getaran yang cukup kuat ketika mobil berada di putaran mesin rendah. Kerusakan shockbreaker bisa disebabkan kendaraan terlalu sering melintasi area jalan yang jelek. Perlu diingat, usia terkait komponen ini juga menjadi penyebab utama, jika usia sudah terlalu tua maka harus segera diganti dengan yang baru agar mobil aman untuk dikendarai.

Penyebab yang terakhir yaitu pendistribusian BBM tidak lancar. Bahan bakar mobil merupakan cairan terpenting agar mobil bisa berjalanan. Namun, apabila bbm yang masuk ke dalam ruang bakar jumlahnya tidak tepat maka akan merasakan getaran ketika dinyalakan.

Perlu diingat, jumlah bahan bakar yang sedikit akan menimbulkan getaran pada mesin. Akibatnya tenaga yang diciptakan oleh mesin tidak sempurna dan mengalami penurunan performa. Jadi, sebagai pengendara yang cerdas perlu mengecek kembali mengenai sistem bbm yang ada di mobil miliknya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya