Ini Penyebab Mesin Mobil Bergetar Ketika Dinyalakan

Ilustrasi kunci mobil
Ilustrasi kunci mobil
Sumber :
  • Toyota Astra

VIVA – Sebagai pemilik kendaraan pasti kurang memperhatikan mobilnya ketika sedang mau dinyalakan. Hal itu dikarenakan, kebanyakan dari mereka hanya pakai saja untuk kebutuhan aktivitas sehari-hari.

Namun, perlu diketahui ketika hendak menyalakan mobil dan merasakan ada getaran yang berbeda, dapat dipastikan kendaraan tersebut sedang mengalami masalah. Apabila tidak diketahui segera, bisa-bisa mobil kehilangan performa.

Oleh karenaya, penting untuk memperhatikan detail terkait kendaraan yang dimiliki, salah satunya saat menyalakan mesin. Jika ada perbedaan dari biasanya, langsung segera tindak lanjuti untuk mengetahui masalah apa yang terjadi.

Dikutip VIVA Otomotif dari Suzuki, Rabu 25 Mei 2022, ada beberapa penyebab masalah pada mesin yang bergetar saat hendak menyalakan mobil. Penyebab utama dari masalah ini adalah pada kerusakan engine mounting

Ilustrasi tune up mesin mobil.

Ilustrasi tune up mesin mobil.

Photo :
  • Seva.id

Diketahui, komponen tersebut bekerja untuk menahan mesin supaya selalu berada di posisi yang stabil. Apabila mengalami kerusakan, artinya tidak bisa lagi mencengkeram getaran yang dihasilkan mesin. Biasanya, getaran yang ditimbulkan keras dan tidak bisa dihindari lagi oleh mobil.

Oleh karena itu, selalu merawat dan mengecek engine mounting pada kendaraan. Hal itu sebagai bentuk antisipasi agar tidak mengalami masalah yang ditumbulkan. Jangan lupa untuk selalu konsultasi kepada bekel resmi mobil, agar mengetahui masalah lainnya pada kendaraan yang dimiliki.