Pahami Penyebab Aki Motor Tidak Berfungsi dengan Baik

Ilustrasi aki motor
Sumber :
  • Federal Oil

VIVA – Aki motor merupakan komponen yang memberikan listrik kepada semua komponen lainnya, seperti busi dan lampu. Oleh karena itu, penting untuk memahami komponen ini agar sepeda motor tidak mengalami masalah.

Terpopuler Otomotif: Mobil Baru Toyota Laku Keras, Deretan Masalah Akibat Aki Motor Soak

Diketahui, apabila komponen ini tidak dirawat secara berkala, maka bisa mengalami kerusakan dan menyebabkan motor mengalami mati. Kerusakan pada aki bisa dilihat dari bentuk fisiknya. Biasanya aki yang rusak dapat memiliki bentuk menggembung.

Sebagai pengendara yang cerdas pasti tidak mau komponen ini menjadi rusak, maka dari itu penting mengetahui penyebabnya. Lantas, apa saja? Dikutip VIVA Otomotif dari Suzuki, Jumat 27 Mei 2022, adapun beberapa penyebab aki motor yang tidak berfungsi.

Motor Susah Distarter Padahal Aki Baru? Ini Penyebabnya

Mujiyanto sedang merakit motor tua.

Photo :
  • Daru Waskita (Yogyakarta)

Penyebab pertama adalah kerusakan pada kiprok. Bagian ini berfungsi dari regulator sebagai keran yang menghantarkan listrik dari sepul. Banyak sedikitnya aliran listrik pada sepul ini diatur oleh kiprok

Tips Menjaga Rantai Motor yang Baik dengan Cairan Pembersih WD-40

Untuk cara mengecek kerusakan bagian ini ditandai dengan tidak panas walaupun mesin motor sudah dinyalakan. Selain itu, dengan menahan gas di angka 4000 hingga 5000 rpm, jika tegangan listrik kurang dari 14 volt atau lebih artinya kiprok mengalami masalah.

Penyebab lainnya yaitu pemasangan kabel yang salah. Diketahui, motor selalu tersedia kabel yang cukup rumit pada sistem kelistrikan. Apabila saat pemasangan tidak benar, maka bisa menyebabkan korsleting yang bisa memicu kerusakan.

Oleh karena itu, penting untuk memasang kabel dengan benar. Jika aki motor tidak mengisi, maka solusi cuman satu yaitu dengan mengecek kabel satu per satu. Sebagai pemilik motor, harus mengetahui apakah kabel positif dan negatif pada aki sudah terpasang dengan benar. Apabila terpasang dengan benar, maka aki bisa di isi dengan baik.

Penyebab terakhir dari masalah aki adalah pemilik motor jarang menggunakan kendaraannya. Motor yang tidak pernah dinyalakan bisa menjadi tanda kerusakan atau tekor sehingga aktivitas pengisian listrik yang teratur pun tidak terjadi. Kebiasaan ini tentunya harus diubah demi menjaga kualitas mesin dan juga aki motor. 

Maka dari itu, nyalakan sepeda motor setiap hari meskipun tidak digunakan. Bahkan lebih baik untuk menggunakannya berjalan ke area sekitar agar mesin bekerja dengan optimal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya