Cara Mudah Merawat Rem Motor untuk Pengguna Baru

Ilustrasi Tuas Rem di Motor Matik.
Sumber :
  • Ist.

VIVA – Bagi para pengguna sepeda motor baru penting untuk merawat beberapa komponen kendaraan, salah satunya rem. Diketahui, rem merupakan komponen penting yang harus diperhatikan, lantaran berfungsi untuk membantu menekan piringan cakram agar ban kendaraan dapat berhenti berputar.

Akibat Rem Mendadak, Pengendara Motor Tabrak Pikap hingga Terjungkal

Apabila tidak dirawat dengan baik, maka bisa jadi akan menyebabkan masalah dan gangguan pada sepeda motor. Untuk itu, komponen yang satu ini layak diberikan perhatian ekstra karena seringkali berhubungan dengan keselamatan pengendaranya.

Lantas, apa saja perawatannya? Dikutip VIVA Otomotif dari WahanaHonda, Senin 30 Mei 2022, adapun beberapa cara perawatan rem motor agar bisa berumur panjang. Cara ini bisa dilakukan di rumah dan bisa menghemat biaya servis motor.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Teknisi mengecek rem sepeda motor

Photo :
  • DAM

Cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan kampas rem secara rutin. Apalagi jika kuda besi ini dipakai dalam kebutuhan sehari-hari untuk melintas jalan raya, genangan, hingga lumpur. Jika tidak segera dibersihkan, maka dapat mengganggu efektivitas kinerjanya.

Pak Prabowo, Jangan Lupa Janjinya Bikin Indonesia Produksi Mobil dan Motor Sendiri

Diketahui, untuk membersihkan komponen ini terbilang mudah. Pemilik motor hanya perlu membasuhnya dengan air bersih dan memastikan bahwa tidak ada debu, pasir, lumpur atau kotoran lain yang masih menempel. Jika setelah dibersihkan, kampas rem dapat berfungsi optimal seperti sedia kala.

Untuk cara selanjutnya pastikan terdapat jarak antara kampas rem dengan pikiran cakram. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya gesekan antara dua komponen tersebut sebelum tuas rem digunakan. Apabila jarak yang antar kampas rem dengan piringan cakram belum sempurna, pengguna bisa mengantur sendiri dengan hanya memutar roda ban.

Selain cara tersebut, ada cara lain yang harus dilakukan yakni bearing motor harus selalu terlumasi. Perlu diketahui, barang ini merupakan bertugas untuk mengurangi gesekan dengan rumah as yang ada di pelek. Apabila dirawat dengan cairan khusus, maka perputaran roda motor akan jauh lebih stabil dan lebih nyaman digunakan berkendara di jalan raya.

Cara terakhir yang bisa dilakukan dengan menghindar penggunaan rem mendadak. Hal itu membuat kampas rem lebih cepat aus dan mengurangi usia pakainya. Jadi, usahakan ketika sedang berkendara kurangi rem mendadak, jika perlu dihindari. Karena juga sangat bahaya apabila rem mendadak yang bisa menabrak pengguna kendaraan di depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya