Cara Simpel Membersihkan Jok Mobil agar Terlihat Seperti Baru

Ilustrasi interior mobil Toyota Crown model year 2021
Sumber :
  • Carscoops

VIVA – Setiap mobil pasti memiliki jok untuk alas tempat duduk, agar nyaman dalam berkendara. Apabila tidak dirawat dengan baik, bagian itu bisa mengganggu kenyamanan dan penampilan mobil.

Pengguna Mobil Wajib Tahu, Ini Efek Buruk Sering Pencet Klakson

Sebagai pengendara yang cerdas, penting untuk merawat jok mobil secara rutin. Terlebih lagi tempat duduk pengendara berbahan kain yang memang lebih sulit untuk dibersihkan jika terkena noda.

Lantas, bagaimana cara membersihkan mobil? Dikutip VIVA Otomotif dari Nissan, Selasa 7 Juni 2022, ada beberapa cara mudah untuk membersihkan jok pada mobil pribadi. Cara ini bisa dilakukan cukup di rumah saja dengan bahan yang mudah didapat.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Membersihkan jok mobil berbahan kain.

Photo :
  • Toyota Astra

Cara pertama ketika ingin membersihkan jok mobil yaitu dengan mempersiapkan bahan dan perlengkapan terlebih dahulu. Siapkan bahan seperti, vacuum cleaner, cairan pembersih dan juga sikat berbahan halus.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Setelah menyiapkan bahan dan perlengkapan, hal pertama yang patut dilakukan ialah membersihkan jok mobil dengan vacuum cleaner. Cara ini dilakukan agar berbagai debu dan partikel-partikel kotoran dapat terangkat terlebih dahulu. 

Bahkan tahap ini berfungsi untuk mengangkat terlebih dahulu debu dan partikel-partikel kotoran. Apabila sudah terangkat, maka siapkan cairan pembersih khusus untuk membersihkan jok mobil.

Perlu diketahui, pemilik mobil bisa menggunakan cairan deterjen yang mudah di dapatkan di rumah. Campurkan cairan tersebut dengan air bersih yang dimasukkan ke dalam ember kecil. Setelah itu, oleskan cairan tersebut ke bagian kotor pada jok secara perlahan. 

Usahakan untuk menggosoknya secara searah, dengan begitu struktur kain jok mobil pun tak akan rusak. Jika, menggosoknya terlalu keras, maka akan menyebabkan robek dan kasar pada jok mobil.

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah membersihkan kotoran pada jok mobil harus melakukannya secara berulang. Memang menghilangkan noda atau kotoran tidak mudah, perlu adanya proses pengulangan. 

Oleh karena itu, tuangkan cairan sekali lagi agar jok mobil terlihat seperti baru. Jangan lupa setelah membersihkannya, tunggu jok mobil hingga kering dan baru digunakan kembali untuk aktivitas pemilik mobil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya