Pakai Pelumas Ini Efeknya Jadi Mengerikan

Ilustrasi pelumas kendaraan
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Pelumas menjadi salah satu komponen pada kendaraan, yang memiliki fungsi sangat penting yakni memastkan mesin bergerak dalam kondisi lancar.

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

Sekecil apapun gesekan yang muncul, harus bisa diatasi karena jantung pacu bekerja dalam kecepatan tinggi. Apabila terjadi masalah, maka dampaknya bisa fatal.

Setiap kendaraan yang keluar dari pabrik dibekali oleh pelumas bawaan, namun pemilik bisa menggantinya sesuai dengan pilihan mereka saat sudah tiba waktunya untuk perawatan berkala.

Punya Audio Mobil Bagus Tidak harus Mahal

Tingginya angka penjualan kendaraan, membuat permintaan terhadap pelumas terus mengalami peningkatan. Hal ini dimanfaatkan oleh beberapa oknum untuk meraup keuntungan besar dalam waktu singkat, dengan cara menjual pelumas palsu.

Ilustrasi pengecekan pelumas kendaraan di laboratorium.

Photo :
  • Dok: PTPL
Lampu Kota Mobil: Kecil Ukurannya tapi Punya Fungsi Sangat Penting

Direktur Utama PT Pertamina Lubricants, Werry Prayogi mengatakan bahwa mereka mendukung penuh berbagai upaya yang dilakukan oleh instansi penegak hukum, dalam menangani kasus-kasus pemalsuan pelumas yang beredar di tengah masyarakat.

“Kami juga berkomitmen akan menindak tegas para pelaku pemalsuan, sebagai bagian dari upaya perlindungan konsumen. Untuk kasus pelumas palsu, konsumen sangat dirugikan,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Selasa 7 Juni 2022.

Technical Specialist PTPL, Nurudin memberikan gambaran umum terkait bahaya dan dampak penggunaan pelumas palsu. Contohnya, secara jangka pendek dapat menurunkan performa mesin karena efek pelumasan komponen mesin yang kurang baik.

“Secara jangka panjang, pelumas palsu akan membuat umur mesin tidak dapat mencapai sesuai desainnya, dan pada saat jadwal perawatan mungkin lebih banyak komponen yang harus diganti. Semua juga bergantung pada kadar kepalsuan pelumasnya,” tuturnya.

Nurudin memaparkan cara membedakan pelumas asli dan palsu, khususnya pada kemasan produk pelumas Pertamina:

1. QR Code di stiker label, di mana setiap produk memiliki masing-masing kode unik yang berbeda, terdiri dari sembilan karakter berupa huruf dan angka dan di-inject langsung dari mesin printer pada saat proses produksi stiker label.
2. Tutup botol, pada bagian atasnya tampak hologram orisinal halus, dengan karakter titik (dot) dibaca pada kemiringan 45 derajat.
3. Tutup dan leher botol, terdapat delapan digit nomor batch dengan posisi lurus tegak dan sejajar.
4. Tampilan botol dengan teknologi triple layer, yaitu saat tutup botol dibuka tampilan warna botol bagian dalam berbeda dengan bagian luar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya