Tutup Pentil Ban, Kecil tapi Perannya Sangat Penting

Tutup pentil ban kendaraan
Sumber :
  • Toyota

VIVA – Tutup pentil ban pada velg ternyata memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah kendaraan. Walaupun bentuknya sangat kecil dan terkadang dihiraukan, serta harganya yang sangat murah.

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Melansir dari Wahana Honda, valve cap atau tutup pentil ini berfungsi sebagai perlindungan terhadap bagian dalam dari lubang angin pada ban motor ataupun mobil. Karena terdapat beberapa komponen kecil yaitu sil berbahan karet, penonjok, dan per.

Nah, komponen-komponen tersebut yang dilindungi oleh tutup pentil agar tak terkena air, debu, hingga batu. Seperti kita ketahui, jika ingin mengempiskan ban cukup tekan saja bagian tengah pentil.

6 Cara Ampuh dan Mudah Bersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam

Maka itu, seandainya tidak ada tutup pentil alias valve cap, kemungkinan udara bisa keluar secara tiba-tiba karena penonjok terkena tekanan dari luar. Dengan memasang tutup pentil juga mencegah masuknya air dan kotoran ke bagian dalam pentil ban.

Ban motor IRC RX-02

Photo :
  • IRC
Belajar dari Wanita Ngamuk ke Dishub karena Digembok Mobilnya, Pahami Aturan Parkir di Jalan

Lalu ada seal yang berfungsi untuk menahan udara agar tetap berada di ban. Intinya dengan adanya valve cap alias tutup pentil ban bikin komponen di dalam pentil ban tetap terjaga.

Kalau valve cap ini hilang,  jangan didiamkan. Lebih baik  beli yang baru, harganya  sangat murah kok dan memiliki banyak motif saat ini agar ban mobil atau motor Anda tetap bergaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya