Ban Gundul tapi Uang Belum Cukup untuk Ganti Semua, Ini Caranya

Ilustrasi ganti ban mobil
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Dalam kendaraan baik roda dua maupun roda empat, ban adalah salah satu komponen yang punya peran penting. Pasalnya ban punya beberapa fungsi seperti, pertama sebagai penahan bobot kendaraan, dan pengendaranya.

Pengguna Mobil Nyaris Jadi Korban Kejahatan, Warganet Fokus ke Penumpang Perempuan

Selain itu, ban menjadi garda terdepan untuk menahan getaran, atau guncangan saat mobil berjalan, sebelum sampai ke suspensi. Fungsi yang ketiga adalah sebagai ujung tombak penerus tenaga yang dihasilkan dari mesin mobil.

Maka tidak heran jika daya pengereman, hingga laju mobil saat berakselerasi ditentukan dari kondisi si karet bundar. Kemudian fungsi lainnya sebagai kontrol kemudi, baik atau tidaknya proses handling juga dipengaruhi kondisi ban.

4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir

Untuk waktu pergantian ban, ditentukan dari penggunaan kendaraan tesebut hingga kondisinya yang terlihat dari kasat mata. Namun tdak semua pengguna mobil mampu mengganti keempat ban sekaligus, meski kondisinya sudah tidak memungkinkan.

Ilustrasi batu kerikil di ban mobil.

Photo :
  • Howotruck
Viral Bengkel di Puncak Bogor Getok Harga Ganti Ban Mobil Rp200 Ribu, Polisi Turun Tangan

Sehingga hanya dua ban saja yang biasanya diganti jika kondisinya sudah menipis, dengan menyesuaikan budget. Lantas apakah cara tersebut aman?

Dilansir VIVA Otomotif dari situ resmi Suzuki Indonesia, Senin 13 Juni 2022, sewajarnya saat pemilik mobil mengganti keempat ban secara bersamaan. Namun jika biayanya terbatas, mengganti dua ban untuk sementara tidak ada masalah.

Yang harus perhatikan penempatan ban baru tersebut. Sebab, mitos yang beredar beberapa orang berasumsi bagian depan merupakan poros kemudi, sehingga ban mudah menipis sehingga diutamakan untuk melakukan pergantian.

Masih menurut sumber yang sama, padahal anggapan  tersebut tidak benar. Karena pergerakan arah mobil tidak sepenuhnya berasal dari kemudi. Sehingga ban bagian belakang juga perlu diperhatikan, karena tugasnya lebih berat.

“Sebaiknya sepasang ban baru yang Anda beli ditempatkan di bagian poros belakang saja. Alasannya, bagian belakang mobil diibaratkan seperti kunci yang bertugas untuk menggigit jalanan saat mobil sedang bermanuver,” tulisnya.

Dengan kondisi ban belakang yang masih bagus, potensi selip saat bermanuver, atau hilang kendali bisa lebih diminimalisir. Namun untuk keselamatan yang maksimal, pergantian ban tetap direkomendasikan untuk keempat roda sekaligus.

Terlebih saat ini sudah memasuki musim hujan, sehingga kondisi ban mobil perlu diperhatikan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya