Lakukan Cara Ini agar Performa Mobil Stabil dan Tetap Kinclong

Ilustrasi membersihkan kaca mobil.
Sumber :
  • Seva.id

VIVA – Sebagai pemilik mobil pasti ingin kendaraannya tidak mengalami masalah, baik itu bagian dalam maupun bagian luar. Oleh karena itu, butuh perawatan lebih dalam agar mobil bisa digunakan lama.

Kisah Karyawan Teladan Tesla, Dedikasi Tinggi Berujung Dipecat

Bahkan, melakukan perawatan mobil secara berkala sangat baik dilakukan supaya performa mobil tidak mengalami penurunan. Terlebih lagi, mobil bisa tetap kinclong meski sudah bertahun-tahun digunakan, lantaran dirawat dengan baik.

Lantas, cara seperti apa melakukan perawatan mobil dengan benar? Dikutip VIVA Otomotif dari HondaSoloBaru, Rabu 15 Juni 2022, ada beberapa cara mudah merawat mobil agar berumur panjang dan tetap kinclong, meski sudah dipakai lama.

Polisi Gerebek Pameran Otomotif dan Sita 4 Mobil Rp48 Miliar

Ilustrasi mobil ganti oli di bengkel.

Photo :
  • Dok: Cakra Motor 11

Cara pertama adalah dengan rutin mengganti oli mobil. Diketahui, benda ini berfungsi untuk melicinkan kerja mesin mobil agar performa mobil tetap lancar. Umumnya, pergantian oli dianjurkan setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali. 

Sedan Baru 5,3 Meter Ini Fiturnya Mewah Banget

Namun sebaiknya bagi penggunaan mobil yang dalam kesehariannya menghadapi kemacetan seperti di Ibu Kota. wajib mengganti oli setiap 5.000 km atau tiga bulan sekali. Selain itu, apabila mesin mobil terasa kasar dan warna oli sudah menghitam dan encer, itu tandanya untuk ganti oli.

Cara selanjutnya yakni dengan mencuci mobil secara rutin. Sebagai pemilik mobil cerdas, pasti tidak mau mobil iterlihat kusam dan tidak enak dipandang. Oleh karena itu, mencuci mobil minimal seminggu sekali agar body mobil tetap kinclong dan bersih dari noda.

Perlu diingat, apabila jarang dicuci maka akan semakin susah dibersihkan, apalagi mobil yang berwarna putih nodanya mudah terlihat. Pemilik kendaraan bisa lakukan cara ini cukup di rumah saja dengan sabun khusus mobil dan air yang bersih.

Selain mencuci mobil, cara agar mobil tetap awet digunakan dengan melakukan pengecekan ban dan tekanan. Memang terbilang sepele, namun komponen ini sangatlah penting untuk keselamatan pengendara. 

Lakukan minimal sebulan sekali atau sebelum melakukan perjalanan jauh untuk memeriksa ban dan tekenan. Selain itu, perhatikan juga kondisi bannya, sehingga bila terlihat sesuatu yang aneh ataupun rusak sebaiknya segera diganti.

Untuk cara terakhir dengan menggunakan bahan bakar berteknologi tinggi. Cari bahan bakar sesuai model kendaraan yang dianjurkan oleh produsen mobil. Pemakaian bahan bakar yang kotor dapat memengaruhi kinerja mesin mobil. Usahakan pengisian bahan bakar pada tempat yang resmi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya