Cara Mudah Merawat Kaca Spion Elektrik pada Mobil

Kaca spion.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Saat ini kendaraan mobil sudah dilengkapi dengan spion elektrik, untuk mendukung aktivitas brkendara agar lebih nyamandan aman. Fungsi dari komponen ini adalah memudahkan pengemudi untuk melihat kendaraan atau benda dari belakang

Terpopuler: Toyota Avanza Kena Recall, Aturan Hukum Ganti Kaca Spion Motor

Bahkan komponen terbilang penting, lantaran dapat mengurangi risiko terjadinya kecelakaan akibat kendaraan dari belakang. Oleh karena itu, penting untuk melakukan perawatan pada kaca spion agar tidak mudah rusak.

Lantas, bagaimana caranya? Dikutip VIVA Otomotif dari GPSKU, Jumat 17 Juni 2022, ada beberapa cara mudah untuk melakukan perawatan terhadap kaca spion, khususnya yang sudah elektrik. Cara ini bisa dilakukan cukup di rumah saja.

Mau Ganti Kaca Spion Sepeda Motor, Simak Aturan Hukumnya

Cara perawatan pertama adalah jangan biarkan lumpur masuk. Sebagai pemilik mobil, harus melindungi berbagai komponen, termasuk kaca spion. Usahakan jangan ada lumpur yang menempel di benda tersebut karena bisa menyebabkan kerusakan.

Kaca spion

Photo :
  • williamcronon.net
Keras, Aksi Pengendara Motor Hantam Spion Toyota Vios

Apabila ada lumpur pada kaca spion elektrik, lekas bilas memakai lap atau tisu basah. Namun, jika lumpur tersebut sudah mengering, gunakan sabun khusus pembersih mobil dan bersihkan secara perlahan sampai noda lumpur tersebut menghilang.

Untuk cara selanjutnya adalah usahakan rongga spion bersih. Menjaga spion listrik perlu perawatan intens agar komponen tersebut tidak mudah rusak. Oleh karenanya, usahakan bagian spion tetap selalu bersih agar tidak mudah berkarat.

Selain menjaganya, perlu juga tindakan seperti memberikan larutan penjaga karat pada bagian yang bergerak di spion. Ditambah berikan pelumas pada sebagian spion listrik, utamakan gigi- gigi pelopor supaya dapat bertugas dengan maksimal.

Untuk cara terakhir yakni segera lap spion sesudah hujan. Diketahui, air hujan dapat menimbulkan karat pada komponen ini. Maka dari itu, lekas keringkan spion sehabis terkena hujan supaya tidak membuat karat. 

Selain menjaga kebersihan area spion, jangan lupa dengan memastikan tidak adanya air yang mengendap, baik setelah hujan ataupun setelah dicuci. Lakukan cara-cara tersebut agar kaca spion elektrik mobil tetap awet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya