Begini Cara Beli Mobil Bekas Biar Enggak Kena Tipu Pedagang Nakal

Ilustrasi beli mobil bekas.
Sumber :
  • Dok: Mobil88

VIVA – Mobilitas, dan gaya hidup menjadi salah satu alasan seseorang ingin memiliki mobil. Selain dari sisi kenyamanan, kendaraan roda empat juga menjadi pilihan karena penggunanya tidak akan kehujanan, atau kepanasan.

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

Namun untuk meminang mobil baru Anda akan merogoh kocek lebih dalam, maka salah satu caranya adalah kredit. Tapi sebagian orang ada yang tidak suka terikat cicilan, maka membeli mobil bekas menjadi jalan alternatif.

Selain memiliki harga terjangkau, mobil bekas yang beredar dipasaran menawarkan banyak pilihan. Mulai dari brand, hingga model mobil tersebut bisa Anda sesuaikan dengan kondisi kantong.

Punya Audio Mobil Bagus Tidak harus Mahal

Memboyong mobil bekas bisa dilakukan dengan datang ke showroom langsung, platform jual beli online, penjual yang bersifat individu, atau melalui lelang. Lantas gimana cara pembelian yang aman, agar tidak kena tipu?

Melansir keterangan resmi duitpintar sebagai broker asuransi, dikutip Viva Otomotif, Selasa 21 Juni 2022, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya menyesuaikan kondisi keuangan, jangan tergoda harga miring, riwayat servis, pastikan kelengkapan surat-surat.

Lampu Kota Mobil: Kecil Ukurannya tapi Punya Fungsi Sangat Penting

"Sebelum membeli mobil bekas, maka langkah paling pertama yang dilakukan adalah memilihnya sesuai budget yang dimiliki," tulis keterangannya.

Dijelaskan konsumen perlu menyesuaikan perhatikan kemampuan finansial. Jangan terlalu memaksakan diri untuk membeli mobil yang di luar kemampuan. Sebab, meskipun mampu membeli kendaraan roda empat, ada biaya perawatan yang perlu disiapkan.

"Jangan sampai keliru beli mobil bekas supaya tidak rugi di kemudian hari, karena dapat mesin yang tidak sehat. Jangan lupa, biaya turun mesin mobil tidaklah murah," tulisnya.

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan, jangan tergoda harga miring. Konsumen perlu melakukan inpeksi secara menyeluruh, terlebih soal kondisi mobil, usahakan mengajak montir bengkel, atau orang yang ahli dalam menilai kelayakan, dan kondisi kendaraan.

"Apabila harga mobil yang ditawarkan terlalu murah dari pasaran, maka bisa jadi mobil tersebut bekas kecelakaan berat atau bahkan bekas kebanjiran, atau bahkan ada juga pemberian harga miring ini sebagai upaya untuk memancing konsumen agar datang ke showroom dan menawarkan mobil yang lainnya,".

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya