Cara Mudah Membersihkan Busi Motor untuk Pemula

Busi motor NGK MotoDX
Sumber :
  • NGK

VIVA – Busi motor merupakan suku cadang yang dipasang pada mesin pembakaran dalam. Fungsi dari komponen ini untuk mengubah tegangan listrik yang disalurkan oleh koil, menjadi percikan api yang akan membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin.

Mobil Baru Hyundai Rp130 Jutaan Sudah Bisa Dipesan di Diler

Oleh karena itu, setiap pemilik sepeda motor harus pintar merawat busi motor agar tidak mengalami masalah. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah motor mengalami mogok.

Sebenarnya merawat busi bukanlah hal yang berat, pemilik motor bisa melakukan cukup di rumah saja dengan hanya bermodal kunci busi dan perlengkapan tambahan. Untuk waktu pengerjaan membersihkan komponen ini pun tergolong singkat, hanya beberapa menit saja, bahkan kadang kurang dari 5 menit.

Tips Menjaga Kesehatan Mesin Mobil saat Mudik Lebaran

Perlengkapan kunci busi sepeda motor.

Photo :
  • smartf

Mobil Andalan Xi Jinping Muncul Versi Murahnya
Lantas, bagaimana caranya? Dikutip VIVA Otomotif dari Suzuki, Selasa 21 Juni 2022, ada cara mudah membersihkan busi motor untuk orang pemula. Untuk membersihkan busi yang sudah kotor, bisa mengikuti beberapa cara berikut ini.

Pertama, pastikan mesin kendaraan roda dua sedang dalam kondisi dingin. Jika masih panas, sebaiknya tunggu hingga dingin. Lalu, buka busi dengan menggunakan kunci busi, kemudian siram bagian kepala busi dengan bensin. Ingat hanya disiram sedikit saja.

Langkah kedua dengan bersihkan kerak atau sisa karbon pembakaran dengan sikat kawan. Lakukan hingga bersih, dan siram kembali busi untuk menghilangkan sisa-sisa kerak tersebut. 

Setelah itu, semprot busi dengan kompresor, dan keringkan. Jangan lupa untuk pasang kembali dan mengecek apakah masih mengeluarkan api atau tidak. Jika api masih bagus, berarti motor bisa digunakan kembali.

Perlu diingat, sebaiknya jangan merendam busi di dalam bensin. Pasalnya cara ini bisa mengikis elektroda pada busi, dan membuatnya cepat rusak. Selain itu, hindari membersihkan busi dengan mengampelas bagian elektrodanya, hal itu dikarenakan membuat usia pakai busi lebih singkat.

Namun, jika ternyata busi yang digunakan sudah mati, sebaiknya ganti dengan merek busi berkualitas tinggi atau rekomendasi dari pihak bengkel resmi merek motor. Apabila masih bingung kapan waktu terbaik membersihkan busi, pemilik bisa melakukan setiap kendaraan menempuh jarak 4000 km.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya