17 Kendaraan Tabrakan Beruntun di Cipularang, Jangan Lupa Rumus Ini

Kendaraan terlibat kecelakaan di Tol Cipularang
Sumber :
  • tvonenews.com

VIVA – Kecelakaan yang mengerikan kembali terjadi di Tol Cipularang yang melibatkan 17 kendaraan sekaligus. Insiden itu terjadi di ruas Kilometer 92 Sukarani Kabupaten Purwakarta Jawa Barat pada Minggu malam 26 Juni 2022.

Wali Murid Ngaku Bayar Rp800 Ribu untuk Perpisahan Siswa SMK Lingga Kencana

"Perkiraan ada sekitar 17 kendaraan yang terlibat di Tol Cipularang, Km 92," ujar Kepala Induk PJR Tol Cipularang AKP Denny Catur, Senin 27 Juni 2022.

Kejadian bermula dari Bus Laju Prima B 7602 XA dari arah Bandung menuju Jakarta menabrak beberapa kendaraan di depannya, diduga karena rem blok. Alhasil, kecelakaan beruntun pun tak terhindarkan, terlebih situasi lalu lintas sedang padat.

Viral Video Detik-detik Kecelakaan Bus Maut di Ciater Terekam Live TikTok

Insiden tabrakan beruntun memang kerap terjadi di jalan tol, dan banyak sekali pemicunya. Seperti mengutip dari situs resmi Badan Pengatu Jalan Tol (BPJT), Senin 27 Juni 2022,  ada rumus perhitungan waktu untuk meminimalisir dan terhindar dari bahaya kecelakaan.

Yang mana dikenal sebagai "Rumus 3 Detik". Pada umumnya setiap pengendara akan bereaksi berdasarkan persepsi dan informasi dari keadaan yang sedang dialami.

Bus Pariwisata Angkut Rombongan SMK Depok Terguling di Ciater, Sandiaga Uno Tegaskan Ini

Perhitungan waktu pada waktu 1,5 - 2 detik yakni lama waktu persepsi manusia selaku pengendara dalam mengemudikan kendaraannya dan melihat kendaraan lain didepannya pada saat melakukan pengereman mendadak.

Mobil yang terlibat kecelakaan beruntun di Tol Semanggi

Photo :
  • Twitter @TMCPoldaMetro

Selanjutnya pada waktu 0,5 - 1 detik, di mana pengendara mendapatkan reaksi secara cepat untuk menghentikan kendaraan dengan tenang sesuai jarak aman berkendara. Ini agar tidak menabrak kendaraan di depannya yang sudah melakukan pengereman secara mendadak.

Penghitungan rumus 3 detik tersebut diharapkan untuk tetap menjaga jarak aman saat mengerem kendaraan mendadak. Sehingga kendaraan tak langsung menabrak kendaraan di depan, begitupun kendaraan di belakang yang juga menjaga jarak dengan aman.

Memang dibutuhkan fokus yang cukup tinggi saat berkendara di Jalan Tol serta jangan lengah saat sedang mengemudikan kendaraan. Pastikan kendaraan dalam kondisi aman dan tetap patuhi aturan berkendara dengan benar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya