Ini Cara Mudah Merawat Bagasi Mobil agar Tidak Mudah Rusak

Ilustrasi bagasi mobil.
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA Otomotif – Merawat mobil tidak hanya penting bagian luarnya saja, tetapi juga bagian dalam termasuk bagasi. Sebab, bagian ini sangat berperan penting apabila kerap digunakan untuk tempat berbagai barang. 

Bandara Kansai Berhasil Cetak Rekor 30 Tahun Tanpa Kasus Kehilangan Bagasi

Maka dari itu, sebagai pemilik yang cerdas merawat bagasi mobil sangat penting dilakukan. Hal itu juga untuk mengurangi bakteri yang menempel akibat barang bawaan dari luar, dan mengurangi aroma tidak sedap.

Lantas, bagaimana caranya? dikutip dari Weathertech, Selasa 5 Juli 2022, ada beberapa cara mudah merawat bagasi mobil. Cara ini bisa dilakukan cukup di rumah saja dan rutin membersihkan setidaknya satu bulan sekali.

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Ilustrasi bagasi mobil penuh barang

Photo :
  • VIVA/Krisna Wicaksono

Cara pertama yaitu dengan melakukan persiapan alat dan bahan sebelum dibersihkan. Adapun daftar perlengkapan pembersih mobil seperti vacuum cleaner, pengharum kabin dan cairan pembersih khusus. 

Video Toyota Fortuner Jadi Mobil Pengangkut Rumput Bikin Warganet Gagal Fokus

Setelah menyiapkan bahan, mulai lah melakukan pembersihan. Caranya, keluarkan barang-barang terlebih dahulu sehingga kondisi bagasi dalam keadaan kosong. Hal itu juga untuk mempermudah proses pembersihan. 

Setelah itu bersihkanlah bagasi menggunakan vacuum cleaner dengan merata, sampai sudut-sudut terkecil. Apabila dirasa sulit, pemilik bisa menggunakan lap yang dicampurkan cairan pembersih untuk menjangkaunya. 

Untuk cara terakhir adalah melakukan tahap pengeringan. Pada tahap ini, pastikan semua bagian bagasi dalam kondisi kering total, baik karpet yang terdapat pada lantai bagasi maupun dinding. 

Bukalah lebar-lebar bagasi di bawah sinar matahari langsung, pastikan kondisinya sampai benar-benar kering. Hal ini dilakukan agar kondisi bagasi tidak lembap. Jika masih lembap, maka bisa menimbulkan bau dan bakteri pada bagasi.

Jika sudah kering, maka tutuplah kembali bagasi mobil. Dan jangan lupa masukan kembali barang-barang yang dibutuhkan dengan penataan yang lebih rapi agar enak dipandang dan tidak berserakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya