5 Tips Aman Parkir Motor di Lokasi Liar , Nomor 3 Gak Nyangka

Parkir liar di pasar Tanah Abang.
Parkir liar di pasar Tanah Abang.
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

VIVA –  Sering kali kita kesulitan untuk mendapatkan parkir motor resmi saat berkunjung ke suatu tempat. Alhasil, parkir liar menjadi salah satu solusinya.

Memang, jika memarkir motor di parkir resmi akan mengeluarkan biaya cukup mahal. Namun keamanannya terjamin aman dan kadang ada asuransinya jika terjadi sesuatu.

Lokasi parkir yang aman  juga ditandai dengan adanya satuan pengamanan yang menjaga dan punya sistem keamanan seperti gate khusus dan kamera CCTV. Seandainya pelaku kejatahan nekat sekalipun, akan sulit menjalankan aksinya.

Sedangkan untuk parkir motor di sembarang tempat terutama yang minim pengamanan memperbesar peluang mengundang pencuri melakukan aksinya. Karena itu, sebaiknya memang menghindari lokasi parkir liar.

Apalagi  jika  letaknya jauh dari jangkauan atau titik keramaian karena itu bisa memudahkan aksi pencurian. Tapi, jika sekali waktu  terpaksa tidak ada pilihan lain untuk memarkir di lokasi parkir liar, wajib perhatikan  hal ini:

Parkir liar di Senayan, Jakarta.

Parkir liar di Senayan, Jakarta.

Photo :
  • Edwin Firdaus - VIVA

1. Posisi motor sudah dikunci setang
2. Tidak ada barang berharga yang tertinggal di motor supaya tidak menjadi sasaran pelaku kejahatan.
3. Jika sedang menggunakan standar samping di motor, agar tidak mudah roboh ketika parkir, biasanya  setang dibelokkan ke kiri, namun karena maraknya pencurian motor, untuk mempersulit maling dalam menggunakan kunci T, setang sebaiknya belok ke kanan.
4. Lebih aman  lagi gunakan kunci atau gembok tambahan pada motor
5. Jika perlu, gunakan kunci rahasia atau alarm di motor

Walaupun cara-cara di atas tak menjamin akan terhindar dari pencurian, namun setidaknya mencegah.