Pahami Detail Tanda Busi Mobil Bermasalah

Ilustrasi mengecek busi mobil
Sumber :
  • dok. NGK busi

VIVA Otomotif – Busi mobil merupakan komponen terpenting pada mesin, yang berfungsi untuk memantik bunga api sebagai pembakaran di kepala silinder. Seperti komponen mobil lainnya, busi juga mempunyai batas usia pakai.

6 Cara Ampuh dan Mudah Bersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam

Jika bagian spark plug sudah dalam kondisi tidak normal, biasanya akan menimbulkan gejala yang bisa dirasakan oleh pengemudi. Maka dari itu, pahami lebih detail komponen ini, khususnya pengemudi pemula.

Dilansir dari laman Suzuki, Rabu 6 Juli 2022, ada beberapa cara mengenali busi mobil yang mengalami kerusakan. Pertama, mengalami kesulitan starter saat ingin menghidupkan mobil.

Hyundai Santa Fe Baru Tertangkap Kamera sedang Tes Jalan di Jakarta

Ketika pemilik mobil mengalami kesulitan saat sedang dinyalakan, maka kemungkinan besar masalah pada busi kendaraan tersebut. Hal itu dikarenakan, komponen ini memiliki peran penting pada starter mobil.

Busi terbaru dari NGK untuk mobil sejuta umat

Photo :
  • istimewa
Mobil Baru Hyundai Rp130 Jutaan Sudah Bisa Dipesan di Diler

Jika masalah busi disebabkan sudah usang atau rusak, alangkah baiknya menggantinya dengan yang baru. Namun kalau hanya kotor, busi bisa cukup dibersihkan saja. 

Gejala yang kedua adalah warna busi sudah mulai berwarna gelap. Sebagai pengemudi pemula perlu memperhatikan warna dari busi mobil yang awalnya bersih menjadi gelap. 

Halja ini disebabkan oleh proses pembakaran pada ruangan bahan bakar yang kurang sempurna, yang menyisakan butiran-butiran halus seperti arang pada bagian elektroda dan ujung insulator. Oleh karena itu, jika warna busi sudah gelap segera gantikan warna yang baru agar mobil tidak mengalami kerusakan mesin.

Selain warna busi yang menggelap, perhatikan juga suara mesin yang dihasilkan ketika sedang berakselerasi. Apabila mesin menimbulkan suara yang berbeda dari pada biasanya, maka bisa jadi disebabkan oleh busi yang sudah mulai rusak.

Perubahan kecepatan mesin akan membuat putaran mesin naik, sehingga mempercepat kerja mesin. Akibatnya adalah busi harus bekerja dengan lebih cepat pula. Untuk itu, jika mengalami kendala seperti maka segera mengecek busi dan kalau perlu ganti yang baru.

Sedikit informasi, saat mengecek busi pada mobil pastikan pergi ke bengkel resmi merek mobil agar mendapatkan penanganan yang tepat. Dalam pemakaian normal, busi mempunyai usia pemakaian hingga 20.000 kilometer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya