Cara Ampuh Agar Lising Setuju saat Mengajukan Kredit Mobil Baru

Ilustrasi membeli mobil bekas
Sumber :
  • Mobil88

VIVA Otomotif – Memiliki mobil dalam kondisi baru menjadi impian sebagian orang. Namun tidak semuanya mampu membeli dengan cara tunai, sehingga kredit menjadi jalan alternatif untuk mendapatkan mobil baru sesuai keinginan.

Terpopuler: Penumpang Kendaraan Dicari Netizen, Mobil Baru Harga Rp60 Jutaan

Perusahaan pembiayaan, atau lising menyediakan sejumlah paket yang bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan konsumen. Mulai dari uang yang harus dikeluarkan untuk DP (Down Payment), angsuran per bulan, dan tenor.

Namun sebelum mengajukan kredit, ada beberapa tahaoan yang perlu diketahui oleh konsumen. Karena tidak semua perusahaan pembiayaan bisa dengan mudah menerima pengajuan kredit dari debitur, terutama mobil.

8 Mobil Baru Rp100 Jutaan per April 2024

Hal pertama sebelum mengajukan kredit, konsumen perlu membayar booking fee, atau mengisi formulir surat pemesanan kendaraan di diler. Setelah itu jaringan penjualan tersebut memeriksa stok kendaraan yang sudah dipesan.

Melansir keterangan resmi Toyota Auto2000, Rabu 6 Juli 2022, jika unitnya tersedia sesuai tipe, dan warna pilihan, maka langkah selanjutnya konsumen bisa membayar DP untuk diajukan faktur penjualan kendaraan. 

Terpopuler: Sisi Lain Tabrakan Beruntun Tol Halim, Mudahnya Beli Mobil secara Online

Setelah itu ada proses pihak ketiga, atau lising, di mana konsumen wajib menyiapkan persyaratan kredit mobil baru untuk menjalankan proses survey hingga paket cicilan yang dipilihnya disetujui perusahaan pembiayaan. 

Perusahaan pembiayaan itu menugaskan seseorang melakukan survey ke rumah konsumen, hal itu dilakukan untuk memastikan kemampuan calon debiturnya. Berlanjut mengisi formulir sesuai data diri, selip gaji, dan lain-lain.

Jika lising sudah menyetujui, karena sesuai kriteria dan aturan perusahaan, maka tahap selanjutnya konsumen menungu pengiriman unit. Saat mobil yang dipesan sudah diterima, surat-surat dan pelat nomor akan menyusul.

“Apabila unit ready stock, maka mobil dapat segera diantarkan begitu urusan administrasi selesai. Ingat untuk selalu melakukan pembayaran atau transfer ke rekening resmi Auto2000,” tulisnya. 

Untuk proses penerbitan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), dan pelat nomor kendaraan sesuai kebijakan pihak kepolisian. Sebelum lunas, BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) belum diberikan, karena menjadi hak lising. 

Namun tidak semudah itu untuk mendapatkan persetujuan perusahaan pembiayaan agar paket kredit yang diinginkan disetujui. Lantas gimana tipsnya?

Menurut tim survey dari salah satu lembaga lising yang enggan disebutkan namanya menyebut, usahakan pendapatan per bulan tiga kali lipat lebih besar dari cicilan mobil. Tujuannya untuk membangun kepercayaan lising, demi mencegah kredit macet.

“Kalau sudah menikah dan sama-sama kerja bisa digabungkan pendapatan suami istri. Kalau tempat tinggal masih ngontrak enggak begitu pengaruh,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya