Cara Bikin Wiper Mobil Awet Meski Sering Dijemur di Parkiran

Ilustrasi wiper mobil dalam posisi terangkat.
Sumber :
  • viva.co.id/ Pius Mali

VIVA Otomotif – Setiap komponen yang ada di mobil memiliki peran masing-masing untuk menjaga keamanan penggunanya. Salah satunya wiper mobil, meski hanya terbuat dari karet, dan batang besi namun ketika hujan sangat diperlukan.

Contraflow Jadi Rekayasa Lalu Lintas Paling Berbahaya, Pakar: Jalur yang Mematikan

Bisa dibayangkan jika guyuran air hujan menyelimuti kaca depan, tentu pengelihatan, atau jarak pandang pengemudi tergangu, dan bisa menimbulkan kecelakaan. Sehingga wiper hadir untuk menyeka air di kaca depan, atau belakang. 

Ilustrasi wiper mobil

Photo :
  • Detailingwiki
Viral Pemilik Mobil Masukkan Telur Mentah ke Radiator, Cara Darurat Atasi Kebocoran?

Mengingat perannya sangat penting, tentu menjaga kondisi wiper menjadi satu keharusan yang perlu diilakukan. Lantas gimana caranya?

Sebagian pemilik kerap mengangkat wiper ketika mobil terparkir di luar ruangan. Cara itu dianggap ampuh mencegah karet menjadi getas, atau rusak karena tidak terdampak panas dari kaca yang dihasilkan sinar matahari.

Hindari Contraflow Jika Jam Terbang Menyetir Masih Kurang, Berbahaya!

Marketing Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosjadi sempat menjelaskan, tujuan wiper di angkat saat mobil parkir outdoor untuk meminimalisir paparan panas dari kaca yang bisa memperpendek umur karet wiper.

"Tapi untuk melakukan hal itu tetap usaha. Biasanya pemilik mobil abai begitu saja, saat mendapatkan temat parkir. Soal engsel wiper menurut saya enggak ada masalah meski ditekuk ke atas," ujarnya.

Dia menjelaskan, umumnya bahan karet apapun jika sering terpapar panas dan cuaca dingin kelenturannya akan menurun. Sedangkan karet wiper jika sudah getas atau keras, fungsinya menyeka air kurang maksimal, dan bisa merusak kaca.

“Misalnya kaca berdebu, tapi wiper sudah bergerak. Kan otomatis kaca akan baret, dan karetnya akan rusak. Jadi kalau bisa dibasahin terlebih dahulu kacanya dengan washer agar tidak merusak karet wiper. Begitu juga saat karetnya keras,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Servis Advisor diler Honda, Ali. Dia menuturkan, karet jika terpapar panas lama kelamaan memang akan mengeras. Maka tidak disarankan parkir mobil di luar ruangan tanpa ditutupi cover untuk pelindung. 

"Sebenarnya angkat wiper hanya membantu sedikit (perpanjang umur karet), karena posisi parkir mobil di outdor kan sudah panas wiper juga masih terjemur," kata Ali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya