Ojol Wajib Tahu, Pengisian Baterai HP di Motor Bisa Rusak Gegara Ini

Charger Ponsel di Motor Yamaha Freego. Foto: Ist.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA Otomotif – Demi mempermudah pengguna motor dalam melakukan aktivitas sehari-hari, setiap pabrikan terus mengembangkan fitur-fitur produk buatannya.

Kendarai Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Truk 

Bahkan sepeda motor yang awalnya hanya dapat ditunggangi untuk berpindah tempat, sekarang sudah memiliki beragam fitur canggih. Sehingga memudahkan penggunannya dalam beraktivitas, meski di tengah perjalanan.

Salah satu fitur yang tersemat pada motor masa kini adalah pengisian baterai handphone. Mengingat telepon genggam sudah menjadi menu wajib bagi seseorang dalam menjalani kehidupan sehari-hari, terutama di kota besar.

Motor Delapan Silinder Asal China Siap Meluncur

Charger USB di motor.

Photo :
  • Youmotorcycle

Hampir semua orang memiliki smartphone atau telepon pintar, sehingga akan mengganggu aktivitas jika gawai tersebut mati karena kehabisan baterai. Oleh sebab itu, pabrikan motor menyematkan elektrik power socket di produknya.

Detik-Detik Wanita ODGJ Ngamuk Rusak Minimarket di Bekasi, Pemotor Dipukuli

Sehingga dapat memudahkan pengguna yang ingin mengisi daya baterai telepon genggamnya meski di tengah perjalanan. Fitur yang awalnya hanya tersedia di beberapa mobil tersebut sangat berguna untuk ojek online, atau ojol.

Mengingat posisi power outlet berada di dashboard, sehingga bisa dibuka tutup untuk mengamankan gadget saat melakukan pengisian, atau dari kondisi cuaca. Tapi bukan berarti sudah aman seutuhnya dari beberapa hal.

Diperlukan cara pemakaian yang tepat agar lubang yang dapat mengalirkan daya listrik itu bisa terus digunakan. Berdasarkan keterangan resmi Yamaha, dikutip Selasa 12 Juli 2022, ada lima cara merawat fitur tersebut.

1. Pastikan electric power socket selalu dalam kondisi bersih mencegah debu masuk kedalam yang menyebabkan penyumbatan arus listrik.

2. Selalu tutup electric power socket untuk mencegah korosi karena air yang masuk saat hujan, atau mencuci motor.

3. Rutin membersihkannya, dengan cara di semprot menggunakan angin kompresor dengan tekanan rendah

4. Selalu menggunakan USB charger kit sesuai spesifikasi motor. Salah satu motor matik Yamaha dapat menggunakan USB charger kit dengan daya maksimum 12 volt dan arus 2 ampere agar dapat berfungsi normal.

5. Sebagai perlindungan, hindari memasang perangkat elektronik di luar spesifikasi apalagi sampai merubah jalur kelistrikan, normal-nya jika terjadi korsleting maka sekring akan memutus arus secara otomatis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya