Begini Cara Mudah Merawat Mesin Motor Listrik

Motor listrik Utomocorp di IIMS 2022
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

VIVA Otomotif – Saat ini kendaraan listrik, khususnya motor mulai dikembangkan di Indonesia. Adanya penggunaan jenis motor ini, membuat pemilik harus pintar merawatnya, salah satunya mesin.

Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Diketahui, mesin listrik motor memiliki komponen yang jumlahnya lebih sedikit dibandingkan mesin konvensional atau pembakaran internal. Meski begitu, perlu perawatan mesin agar tetap awet ketika digunakan sehari-hari.

Lantas, bagaiaman cara merawatnya? Dirangkum dari berbagai sumber, Rabu 13 Juli 2022, ada beberapa cara mudah dalam merawat mesin motor listrik. Apalagi motor EV pun tak membutuhkan oli mesin atau oli transmisi yang mesti diganti secara rutin.

Mobil Mau Dipakai Mudik, Jangan Cuma Ganti Oli

Pemasangan konversi motor vespa bermensin konvesional ke listrik

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

Cara pertama adalah dengan menghindari cuci motor dengan air bertekanan. Untuk merawat mesin motor listrik, perhatikan cara mencuci bodi motor. Jangan sampai airnya terkena pada mesin untuk keamanan jaringan yang dialirkan oleh listrik.

BMW Indonesia Hadirkan Sedan Listrik untuk Para Pebisnis

Hal ini juga berlaku ketika hendak membersihkan bagian kolong bodi motor. Kalau perhatikan dengan seksama, di sana terdapat semacam kisi-kisi udara yang bisa menjadi celah air menyusup ke sistem kelistrikan. Apabila terkena air banyak, motor bisa mengalami korsleting.

Cara selanjutnya yakni cabut baterai jika tidak digunakan. Apabila motor listrik sedang tidak gunakan dalam aktivitas, sebaiknya untuk mencabut komponen baterai agar tetap terjaga performanya. Namun, perlu diingat sebelum mencabut disarankan untuk mengisi daya baterai terlebih dahulu hingga penuh.

Selain mencabut baterai, dalam merawat mesin motor listrik dengan perhatikan sistem pengereman. Sistem pengereman memiliki fungsi yang sangat vital pada kendaraan. Hal ini sebenarnya bukan hanya berlaku untuk motor listrik, melainkan semua jenis motor.

Untuk itu, usahakan melakukan pengecekan kampas rem baik untuk ban depan ataupun ban belakang secara rutin. Paling tidak setiap dua atau tiga bulan sekali untuk melihat kondisinya. Jika kondisinya sudah menurun maka sebaiknya dilakukan penggantian.

Cara terakhir adalah jangan nekat terobos banjir saat mengendarai motor listrik. Hal itu untuk mengantisipasi agar mesin tidak rusak dan tidak kehilangan performanya. Jadi apabila ada genangan air, sebisa mungkin hindari yang tingginya melebihi soket pengisian daya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya