Cara Mudah Bikin Lampu Motor Lama Lebih Terang

Ilustrasi lampu LED motor.
Sumber :
  • Dok: Autovision

VIVA Otomotif – Meski motor baru terus bermunculan, namun tidak sedikit masyarakat Indonesia yang masih setia dengan unit lama milik mereka. Alasannya banyak, mulai dari punya cerita khusus hingga belum memiliki uang untuk ganti ke model baru.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Karena masih menggunakan produk buatan lebih dari 10 tahun lalu, tidak heran jika teknologi yang disematkan juga belum secanggih sekarang. Termasuk soal penerangan utama, alias lampu.

Apabila melihat motor keluaran zaman sekarang, maka rata-rata sudah memakai lampu dengan teknologi Light Emitting Diode atau LED. Keunggulannya mulai dari hemat energi, hingga menghasilkan cahaya yang lebih terang.

Pak Prabowo, Jangan Lupa Janjinya Bikin Indonesia Produksi Mobil dan Motor Sendiri

Para pengguna motor lama kini bisa mengganti bohlam lampu bawaan pabrik dengan produk aftermarket, supaya sinarnya lebih terang sehingga bisa aman di jalan.

Salah satu perusahaan yang baru saja meluncurkan produk baru mereka, yakni Sampurna Part Niaga dengan model Autovision LED Nitro. Bohlam ini punya spesifikasi mumpuni, di mana cahaya yang dihasilkan diklaim bisa mencapai 1.000 lumens.

Catat, Ini Daftar Bengkel yang Terima Konversi Motor Listrik Gratis

Andry Raja dari divisi Riset dan Pengembangan SPN mengatakan, bahwa cahaya dari bohlam lampu biasa dengan daya 25 Watt hanya sekitar 450 lumens saja.

Lampu Autovision LED Nitro untuk sepeda motor.

Photo :
  • VIVA Otomotif

“LED Nitro merupakan pengembangan baru secara total. Baik dari LED chips terbaru yang paling powerful, ditunjang LED driver skema terbaru yang menunjang full AC/DC dengan pengembangan fokus untuk pasar sepeda motor di Indonesia,” ujarnya di Jakarta Barat, dikutip Sabtu 16 Juli 2022.

Andry menuturkan, bohlam LED Nitro ini dirancang agar bisa berfungsi normal di semua model sepeda motor, baik yang menggunakan sistem kelistrikan DC maupun AC.

“Autovision LED Nitro dijual Rp55.000 untuk tipe socket P15d25-1 (M5/H6), dan Rp66.000 untuk tipe socket H7. Sementara untuk tipe soket H4/HS1, harga Rp72.000,” tutur Manager Marketing SPN, Fauziah Fatimah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya