Jangan Panik, Ini Penyebab Remote Kunci Tidak Bekerja

Ilustrasi kunci remote mobil.
Sumber :
  • Cars.com

VIVA Otomotif – Remote kunci pada mobil bisa berfungsi untuk membuka atau mengunci pintu mobil, secara keseluruhan sehingga bisa memudahkan pemilik mobil.

Penyebab Remote Kunci Ngadat, dan Ariel Noah Vs Kendaraan Listrik

Tapi terkadang remote kunci tersebut suka tidak bekerja, karena mengalami gangguan. Jangan panik, karena seperti dikutip dari laman Auto2000, Minggu 24 Juli 2022, tidak berfungsinya remote kunci bisa disebabkan karena baterai habis.

Pasalnya sebagian besar remote mobil, menggunakan baterai sebagai sumber energinya. Apabila pintu mobil tidak dapat dibuka menggunakan remote, cek pada ketersediaan daya pada baterai.

Pria Ini Pilih Mencuri Kunci Dibandingkan Mobilnya, Buat Apa?

Tanda bahwa baterai remote mobil telah habis adalah lampu indikator tidak akan menyala saat Anda menekan tombol buka atau kunci. Sehingga pintu tidak dapat terbuka karena remote tidak berfungsi.

ilustrasi remote mobil

Photo :
  • ehow
iOS 14 Hadir, Kunci Mobil Bisa Ditinggal di Rumah

Kedua penyebab remote kunci tidak berfungai karena adanya kerusakan pada receiver remote. Apabila remote tidak berfungsi meskipun baterai terisi penuh, kemungkinan terjadi kerusakan pada receiver remote karena suatu hal.

Receiver remote berfungsi sebagai penerima gelombang yang dikirimkan remote kepada sistem mobil. Cara kerja sistem ini adalah remote akan mengirimkan sinyal untuk membuka atau mengunci pintu.

Di saat yang bersamaan, receiver remote akan menerima sinyal tersebut sebagai perintah yang membolehkan pintu mobil terkunci atau tidak.

Ketika receiver remote rusak maka mobil tidak dapat melakukan perintah membuka pintu karena sinyal tidak terkirim.

Ketiga, remote tidak berfungsi lantaran gangguan sistem remote. Remote yang tidak berfungsi dapat disebabkan oleh benturan dan tekanan yang terjadi lebih dari satu kali. Sebagian pengguna mobil menganggap jatuhnya remote adalah hal yang biasa.

Padahal kebiasaan tersebut dapat menyebabkan kerusakan dan gangguan pada sistem remote sehingga remote tidak dapat mengirimkan sinyal ke sistem mobil secara maksimal.

Selain itu, remote tidak berfungsi untuk membuka pintu mobil karena adanya gangguan pada frekuensi. Biasanya mobil sedang berada pada lokasi yang memiliki gelombang elektromagnetik tinggi.

Sehingga, remote tidak dapat mengirimkan sinyal pada receiver remote untuk membuka atau mengunci pintu. Hal ini biasa terjadi saat mobil berada di sekitar menara radio dan TV.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya