Parkir Motor Pakai Standar Tengah Banyak Untungnya

Motor Ducati Scrambler terbaru
Sumber :
  • Greatbiker

VIVA Otomotif – Para pemilik kendaraan sepeda motor pasti tidak asing dengan komponen standar, yang berada di bagian bawah kaki-kaki bodi. Diketahui, komponen tersebut memiliki dua jenis yaitu standar samping dan tengah.

Sandiaga Uno Puji Karung Penyelamat Motor di Turunan Maut, Reaksi Netizen di Luar Dugaan

Kedua jenis tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan pemakaian pemilik motor. Secara umum, fungsi standar pada kuda besi untuk menahan atau menyanggah sepeda motor agar bisa tetap berdiri. 

Sesungguhnya tidak hanya untuk menahan saja, tetapi ada beberapa fungsi lain pada standar dan jarang diketahui. Lantas, apa saja? Dikutip VIVA dari WahanaHonda, Rabu 3 Agustus 2022, ada fungsi lengkap dari standar kendaraan roda dua, berikut fungsinya.

Bayar Pajak Kendaraan Sekarang Dapat Diskon

Standar tengah pada sepeda motor.

Photo :
  • Istimewa

Fungsi pertama, jika pengguna sepeda motor menggunakan standar tengah maka tingkat kesimbangan lebih baik dan aman dari pada menggunakan standar samping atau satu. Bahkan, motor yang diparkir dengan standar tengah tidak memakan banyak ruang.

Vespa World Days 2024 Siap Menyapa Penggemar dari Seluruh Dunia

Perlu diketahui, biasanya parkir di tempat umum pasti lebih disarankan memarkir dengan standar tengah oleh juru parkir. Selain untuk keselamatan motor,  parkir dengan standar tengah juga bisa membuat ruang memuat banyak motor.

Fungsi lainnya yakni ketika menggunakan standar tengah saat diparkir di jalan menanjak atau menurun, tidak akan bergeser dan lebih kokoh. Sebaliknya, apabila menggunakan standar samping maka kemungkinan motor akan mengalami jatuh. Untuk itu, usahakan menggunakan standar tengah agar tidak menimbulkan masalah yang tidak diinginkan.

Selain menambah kokoh, fungsi standar tengah dapat membuat shockbreaker lebih awet, lantaran tidak mendapat beban berlebihan. Bahkan pelumasan oli pada motor akan lebih merata jika menggunakan standar dua.

Sementara, jika menggunakan standar samping dalam waktu lama, oli hanya akan terkumpul di sebelah kiri mesin dan bagian kanan tidak terlumasi secara sempurna.

Untuk fungsi terakhir pada standar tengah adalah memudahkan saat mencuci motor. Menggunakan jenis standar tersebut dapat memberi kemudahan untuk dibersihkan, dan bisa membantu bagian tidak terjangkau jika motor diparkir dengan standar samping.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya