Alat GPS Mobil Enggak Cuma Buat Melacak Posisi

Aplikasi GPS Tracker buatan lokal.
Sumber :
  • Dok: StartGPS

VIVA Otomotif – Adanya satelit membuat kita tidak perlu kebingungan mencari arah, cukup mengandalkan peranti Global Positioning System atau GPS maka lokasi koordinat bisa diketahui secara detail.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Teknologi ini memanfaatkan sinyal dari beberapa satelit, yang diorbitkan ke luar angkasa. Dengan demikian, maka tingkat keakuratannya cukup mendekati lokasi yang sebenarnya, mungkin selisihnya hanya 1-2 meter saja.

Selain dimanfaatkan bersama dengan peta digital, GPS juga banyak dipakai sebagai alat pelacak. Teknik ini sudah lama ada di negara maju, dan kini telah diproduksi juga di dalam negeri. Bahkan, kemampuannya juga sangat beragam.

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Seperti yang ditawarkan oleh Start GPS, perusahaan pengembang layanan dan platform GPS tersebut baru saja memperkenalkan aplikasi terbaru mereka versi 2.0 di Jakarta.

Chief Executive Officer Start Indonesia, Hartono Budiman mengatakan bahwa saat ini perusahaannya memlliki tiga jenis produk, yaitu platform Start GPS untuk memonitor kendaraan, Start Center sebagai layanan purna jual, serta Start Assist sebagai layanan emergency road assistant.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

“Aplikasi yang dikembangkan sendiri oleh anak bangsa ini, kini punya cara kerja yang lebih menguntungkan bagi banyak orang,” ujarnya di Jakarta Barat, dikutip Sabtu 6 Agustus 2022.

Alat GPS pelacak kendaraan.

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Business Process Manager Start, Irma Purnamasari menuturkan bahwa dalam aplikasi Start GPS versi 2.0 terdapat perubahan dan pembaruan dengan teknologi terkini untuk mengakomodir kebutuhan bisnis serta ekosistem yang terhubung.

“Aplikasi ini juga mendukung regulasi pemerintah, yang tertuang dalam peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor KP.2081/AJ.801/DRJD/2019, terkait peraturan pemantauan kendaraan umum,” tuturnya.

Beberapa fitur yang terdapat di Start GPS versi 2.0 antara lain Journey Replay yang berisi kilas balik perjalanan kendaraan, Measurement yang berguna untuk pengukuran area, lalu POI yang bertujuan sebagai penanda area penting pada peta.

Lalu ada Geofence untuk pembatasan kendaraan pada suatu area tertentu, kemudian laporan aktivitas kendaraan. Terdapat 25 tipe laporan di aplikasi terbaru ini, serta flexibilitas penyimpanan data dan visual report.

Uniknya, calon pelanggan bisa melakukan migrasi dari tipe GPS merek lain yang saat ini dimiliki, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya membeli alat baru untuk mendapatkan kemampuan aplikasi yang lebih lengkap.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya