Harga Lebih Mahal, Apa Untungnya Cat Mobil di Bengkel Resmi

Mengecat mobil atau cat mobil
Sumber :

VIVA Otomotif – Setiap orang memiliki impian mobilnya tetap dalam kondisi mengkilap, di mana warna cat bodi terlihat seperti baru. Namun untuk mendapatkan hal tersebut, sepertinya agak sulit terutama jika mobil digunakan sehari-hari. 

Mau Bayar Pajak STNK Tapi Pemilik Motor Sudah Meninggal, Gini Cara Ngurusnya

Ada berbagai perawatan yang perlu dilakukan pemilik, diantaranya mencuci mobil dengan cara yang benar atau penggunaan alat-alat sesuai seperti lap, busa, hingga sabun yang digunakan tidak mengurangi intensitas warna bodi.

Selain itu, posisi parkir mobil sangat penting mengingat kondisi cuaca menjadi salah satu faktor penurunan kualitas cat.

Jangan Cuek, Penting Cek Kondisi Ban Mobil Usai Dipakai Perjalanan Jauh

Di luar hal tersebut, bodi atau cat mobil bisa rusak akibat benturan di jalan raya saat berkendara. Nah, biasanya efek dari benturan tersebut merusak bodi atau bumper yang penyok, hingga cat lecet karena terkena benda tajam.

Jika mengalami kondisi seperti itu, salah satu cara untuk mengembalikan penampilan mobil seperti semula dibutuhkan pengecatan ulang. Cukup banyak bengkel-bengkel umum yang menawarkan jasa cat, atau poles.

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

Biasanya harga yang diberikan lebih terjangkau dibandingkan harus ke bengkel resmi, atau body repaint milik suatu brand. Namun di balik itu, ternyata ada keuntungan jika melakukan pengecatan di bengkel resmi.

Menurut Head Used Car & Body Paint Development PT SIS, Herli Barlian, keuntungan yang didapatkan konsumen jika cat mobil di bengkel resmi, yaitu dikerjakan tenaga profeisonal dan mendapatkan garansi.

Untuk Suzuki, garansi cat yang diberikan selama tiga bulan. Dan alat yang digunakan dalam proses mewarnai bodi sudah mumpuni. Sementara jika kerusakannya ada baret, atau sekadar penyok hanya satu hari untuk perbaikan.

Setiap kendaraan yang diperbaiki akan melalui proses pembongkaran bodi, setelah selesai perlu melewati kontrol kualitas.

Untuk alat, Suzuki menggunakan car O liner yang bertujuan untuk memperbaiki rangka mobil konsumen yang mengalami kecelakaan dan membuat kendaraan kembali seperti semula.

Dalam pencarian warna cat, Suzuki menggunakan bantuan komputer, dan dikerjakan oleh tenaga yang berpengalaman, sehingga hasil warna yang diperoleh akan sesuai dengan warna asli ataupun warna yang diinginkan oleh konsumen. 

Kemudian dalam sistem pengelasan, Suzuki menggunakan teknik spot welding, Co2 welding, dan washer welding yang diklaim hasilnya lebih sempurna, dan tidak menyebabkan kerusakan struktur atau panel lainnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya