Ahli Beberkan Cara Menjaga Harga Jual Mobil Tetap Tinggi

Inspeksi kendaraan oleh OLX Autos di GIIAS 2021
Sumber :
  • Dok: OLX Autos

VIVA Otomotif – Salah satu cara yang ditempuh banyak orang Indonesia ketika ingin memiliki mobil keluaran baru, yakni dengan cara menjual unit yang digunakan saat ini atau biasa dikenal dengan istilah upgrade.

Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL

Alasan lain mengapa orang rela menjual mobil mereka, yakni karena sedang butuh dana darurat. Namun, tak jarang harga yang diminta tidak sesuai dengan kondisi kendaraannya.

Padahal jika mobil dirawat dengan baik, maka bisa dijual kembali dengan harga yang tinggi. Tapi untuk bisa mengetahui bagaimana kondisi kendaraan, kebanyakan merasa bahwa hal itu sebaiknya diserahkan ke ahlinya.

Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram

Pendiri Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan bahwa hal itu tidak selamanya benar. Ada beberapa proses inspeksi yang dapat dilakukan sendiri, untuk menjaga harga jual mobil tetap bagus.

Proses Inspeksi OLX Autos di GIIAS 2022.

Photo :
  • Dok: OLX Autos
Parkir Cuma Sebentar, Mobil Ini Ditagih Rp48 Juta di Tangerang

“Inspeksi dapat dilakukan oleh semua pengemudi mobil, termasuk pengemudi perempuan,” ujarnya saat menjadi narasumber di acara OLX Autos Spot GIIAS 2022, dikutip Kamis 18 Agustus 2022.

Beberapa titik yang bisa diperiksa oleh pemilik mobil, kata Sony yaitu bagian luar atau eksterior. Perhatikan apakah ada baret atau penyok, serta pastikan semua bagian eksterior seperti bumper dan spoiler terpasang dengan baik dan tidak longgar.

Bagian berikutnya adalah lampu, cek kondisi semua apakah dalam kondisi baik, tidak berkedip, redup,
ataupun mati. Lanjutkan ke bagian mesin, dengarkan jika muncul suara berdecit atau terdengar seperti benda longgar.

Lakukan pemeriksaan standar seperti saat hendak berkendara di pagi hari, mulai dari mengecek oli hingga air radiator. Periksa apakah ada kebocoran di lantai, serta sempatkan melihat suspensi untuk memastikan tidak ada cairan rembes.

Bagian berikutnya yakni ban, lihat kondisi kembang apakah masih tebal atau tidak serta lihat tanda segitiga di bagian samping yang berfungsi penanda ketebalan minimum.

Perlengkapan seperti P3K dan segitiga pengaman juga menentukan nilai jual kembali, jadi pastikan benda-benda itu ada di dalam mobil. Termasuk juga dongkrak dan semua peranti bawaan dari pabrik yang disimpan di bagasi.

Sebagai informasi, OLX Autos menawarkan layanan inspeksi yang dilakukan secara menyeluruh. Ini bisa dimanfaatkan, oleh mereka yang hendak menjual mobil.

“Para penjual hanya perlu melakukan 3C, yaitu cek harga, cek kondisi mobil, dan cek rekening saja untuk dapat menjual mobil dengan cepat dengan harga terbaik sesuai dengan kondisi mobil,” tutur COO OLX Autos Indonesia, Hendri Tadjuni.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya