Jarang Diketahui, Begini Cara Merawat Standar Motor yang Benar

Standar tengah pada sepeda motor.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Otomotif – Setiap sepeda motor pasti memiliki komponen standar yang berfungsi untuk kendaraan berposisi stabil pada saat tidak digunakan atau dalam keadaan parkir yang lama. Oleh karena itu, komponen tersebut perlu adanya perawatan.

Bicara Kasus yang Menyeret Sang Adik, Via Vallen: Berani Berbuat Harus Berani Bertanggung Jawab

Apalagi terletak di  bagian bawah motor, terkadang standar motor jarang sekali diperhatikan. Bahkan banyak dari pemilik tidak tahu cara merawat komponen tersebut.

Lantas, bagaimana cara merawatnya? Dikutip VIVA dari WahanaHonda, Selasa 30 Agustus 2022, ada cara mudah dalam melakukan perawatan standar tengah pada sepeda motor. Cara ini bisa dilakukan cukup di rumah saja dan tak perlu membawanya ke bengkel.

Buntut Kasus Penggelapan Motor, Via Vallen Makin Bongkar Tabiat Buruk Sang Adik

Memarkir motor dengan standar miring.

Photo :
  • bengkelsepedamotor.com

Langkah pertama adalah gunakan standar tengah setiap hari. Kebiasaan ini akan menghilangkan adanya potensi karat yang menempel antara shaft dengan pipa standar tengah. Jadi, ketika hendak parkir usahakan gunakan standar tengah agar motor juga lebih kuat.

Yamaha Kembangkan Sistem Transmisi Semi Otomatis di Moge, Tak Lagi Pegal Tarik Kopling

Selain itu, pemilik sepeda motor jangan lupa untuk lumasi shaft standar tengah secara berkala untuk mencegah timbulnya karat antara shaft dengan pipa standar tengah. Cara ini bisa dilakukan bisa satu bulan kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Perlu diketahui, pelumas bisa menggunakan cairan penetran atau chainlube yang mempunyai kadar pelumasan baik. Jangan lupa, lakukan cara ini secara berkala atau sehabis melewati jalanan yang terkena air hujan dan banjir.

Untuk caranya, bisa dilakukan dalam posisi sepeda motor pada side stand switch. Posisi itu diketahui agar bagian tersebut dapat terlumasi dengan baik. Jangan lupa, lakukan pelumasan dari arah sebelah kanan.  

Setelah melakukan langkah tersebut, penting juga untuk memperhatikan kondisi per pada standar tengah motor. Jika standar tengah ikut terayun saat motor melewati jalanan yang tidak rata, artinya per sudah melemah. Solusinya, yakni pemilik tentu harus mengganti per standar tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya