Jangan Panik Kalau Saldo e-Toll Habis, Begini Solusinya

Ilustrasi pembayaran tol.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana

VIVA Otomotif – Pengguna jalan tol di Indonesia wajib memiliki kartu e-Toll, yang saldonya cukup untuk melakukan transaksi bayar jalan tol.

Hampir 1,4 Juta Kendaraan Kembali ke Jabotabek dari Mudik Lebaran 2024

Sehingga ketika sampai di gerbang tol, pengemudi tinggal menempelkan kartu tersebut. Namun ada saja kendala yang dihadapkan, salah satunya adalah saldo uang elektronik (e-Toll) tidak cukup atau habis saat ingin melakukan tapping pembayaran di gerbang tol. 

Pengemudi diharapkan tidak perlu panik ataupun kebingungan saat terjadi kendala saldo e-Toll habis. Karena seperti dikutip dari laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol, Selasa 6 September 2022, terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi kendala tersebut.

Cek Tarif Tol Lewat Google Maps, Pastikan Saldo Cukup

Pertama, pengendara dapat menekan tombol bantuan yang terletak di gardu tempat pembayaran, berdekatan dengan tombol Cetak Struk. Dengan menekan tombol bantuan tersebut, petugas akan datang membantu.

Gerbang tol e-toll

Photo :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Lalu Lintas Kendaraan di Tol Japek Arah Cikampek Dialihkan Keluar Km 68 GT Kalihurip

Kedua, pengendara dapat langsung meminta bantuan petugas disekitar gerbang tol  dan menjelaskan kepada petugas bahwa saldo e-Toll tidak mencukupi, lalu ikuti arahan petugas tersebut. Mungkin kartu akan diisi ulang secaera langsung atau juga diminta membayar secara tunai dan diarahkan untuk mengisi di rest area terdekat.

Kemudian, yang ketiga pengendara dapat melakukan Top up saldo e-Toll dengan aplikasi mobile banking di ponsel sesuai bank provider pada e-Toll yang digunakan.

yang ke-empat, jika saldo e-toll kurang, sobat dapat mengisi juga di rest area terdekat atau digerai minimarket yang tersedia di sana. 

Imbauan lainnya ketika saldo e-toll tidak cukup pada gerbang tol sistem transaksi tertutup, pengendara jangan mengganti kartu yang berbeda dari saat masuk dan keluar karena dianggap menerobos dan dikenakan denda sebesar 2x tarif terjauh di ruas yang sama.

Pastikan sebelum melakukan perjalanan, alangkah baiknya juga dapat melakukan pengecekan saldo kartu tol dan tarif tol dari lokasi asal sampai dengan tujuan menggunakan aplikasi BPJT Info Tol yang dapat diunduh di smartphone masing-masing.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya