Tips Mengendarai Mobil saat Hujan Agar Tidak Stres di Jalan

Mengemudi mobil di tengah hujan. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • Carthrottle

VIVA Otomotif – Belakangan ini sebagian wilayah di Jabodetabek diguyur hujan, dengan intensitas berbeda-beda. Kondisi itu biasanya menjadi masalah bagi sebagian pengguna mobil, karena jalanan yang semakin macet karena beeberapa hal.

Chery Perluas Jaringan Diler di Kota Satelit Jakarta

Mulai dari genangan air yang tidak memungkinan untuk dilewati, sehingga membuat jalanan tersendat, pohon tumbang, dan kendaraan yang mogok akibat menerobos banjir.

Mobil melintas di wilayah tergenang air akibat hujan deras di Kota Kupang, NTT.

Photo :
  • ANTARA/Benny Jahang
Mazda Hadirkan 2 Mobil Keren di Auto China 2024

Ada beberapa cara untuk meminimalisir stress di jalan akibat hujan yang deras sehingga membuat kondisi jalan berubah, salah satunya macet yang semakin parah.

Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah mengatakan, mencegah stres saat berkendara pastikan mobil tetap prima, sehingga semua komponen bekerja maksimal dan memberikan kenyamanan di jalan.

Diecast Bukan Sekadar Mainan Semata

Menurutnya, cara yang paling sederhana untuk mengatasi stres adalah menyadari bahwa masalah dalam perjalanan hal yang tidak dapat dihindari. Maka pengemudi, atau pengguna mobil sudah siap menerima resikonya. 

“Gunakan waktu untuk berpikir, dan menenangkan diri sejenak dari berbagai aktivitas yang menyita konsentrasi, agar tetap fokus, atau waspada saat berkendara,” ujar Nur dikutip dari keterangan resminya, Rabu 7 September 2022.

Selain itu membuat kabin senyaman mungkin, yaitu menjaga kebersihannya, dan berikan pengharum agar menimbulkan suasana seperti di rumah. Kondisi AC atau pendingin ruangan, serta sistem hiburan berfungsi dengan baik.

Kemudian atur posisi berkendara yang tepat, karena selain untuk mengantisipasi segala kondisi, namun menciptakan suasana tenang.

Lebih lanjut dia menjelaskan, usahakan duduk jangan terlalu tegak agar tidak cepat lelah, memegang setir dengan rileks namun masih bisa melakukan manuver dengan cepat, dan aman.

Pilih rute perjalanan yang bisa diandalkan dengan memanfaatkan peta digital via smartphone. Pantau media sosial, atau radio untuk mengantisipasi masalah akibat hujan seperti pohon tumbang atau banjir. 

“Jika memungkinan majukan jadwal perjalanan sehingga memiliki waktu ekstra, kalau sampai terkena masalah di jalan dan membuat hati lebih tenang,” sambungnya.

Hal lain yang perlu diperhatikan jangan terpancing emosi saat ada pengguna jalan lain melakukan kesalahan, misalnya memotong lajur. Kemudian bermanuver agresif, yang bisa membahayakan karena kondisi jalan licin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya