Tips Memperbaiki Permukaan Dasbor Mobil yang Kusam

Ilustrasi membersihkan dasbor mobil
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Otomotif– Dasbor merupakan bagian dari kendaraan bermotor, yang berfungsi sebagai tempat untuk memantau kondisi mesin serta akses sistem hiburan dan berbagai fitur lainnya.

Kotak di Mobil Ini Sering Dianggap Remeh, padahal Fungsinya Penting

Zaman dahulu produsen mobil membuat dasbor dengan bentuk rata, dan terbuat dari bahan logam sama seperti bodi kendaraan. Namun seiring perkembangan zaman, kini wujudnya dibuat lebih menarik serta memakai material plastik.

Meski bisa memangkas bobot, namun bahan tersebut rentan mengalami kerusakan akibat terpapar sinar matahari. Apalagi, posisinya tepat berada di balik kaca depan sehingga kualitasnya cepat berkurang.

Cek 7 Komponen Ini Setelah Mobil Dipaksa Kerja Keras saat Mudik Lebaran

Seiring pemakaian, dasbor mobil maupun sepeda motor akan menjadi kusam. Solusi yang biasa dipilih, yakni dengan memolesnya menggunakan semir khusus.

Cat pelapis dasbor dan bodi plastik

Photo :
  • Dok: Diton
Waspada, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Mau Pecah!

Manager Team Painting Diton Premium, Joni Ilmawan mengatakan bahwa penggunaan semir sifatnya hanya bisa melindungi sementara saja, karena sifatnya tidak permanen.

“Kalau pakai semir, biasanya hanya bertahan 4-5 hari saja,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip Rabu 7 September 2022.

Joni menuturkan, bagi para pemilik kendaraan yang kondisi dasbornya sudah pudar dan butuh solusi yang permanen bisa mencoba produk Diton Dasboard Coating.

Tidak seperti semir, produk berbasis coating yang sudah diekspor ke negara tetangga ini diklaim memberikan efek permanen pada permukaan bodi kasar motor ataupun mobil.

“Efeknya memang seperti semir, namun bersifat permanen. Pengguna tidak perlu berkali-kali menyemir dasbor motor dan mobil,” tuturnya.

Fitur lain yang ditawarkan Diton Dashboard, kata Joni yaitu mampu mengubah tampilan dasbor dan bodi berbahan plastik yang sudah kusam, menjadi kembali halus. Bahkan, retak halus juga dapat disamarkan tanpa mengubah teksturnya..

“Tidak mengubah tekstur permukaan seperti cat pada umumnya. Produk ini juga memberikan efek daun talas dan tahan terhadap bensin, sehingga pengguna tidak perlu takut coating luntur,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya