Pemilik Motor Lakukan Servis Ini Agar Lebih Irit Bahan Bakar

Bengkel Motor di Jakarta Selatan
Bengkel Motor di Jakarta Selatan
Sumber :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

VIVA Otomotif – Sebagai pemilik motor pasti ingin bahan bakar yang dikonsumsi lebih irit ketika digunakan sehari-hari. Apalagi, saat ini pemerintah resmi menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, salah satunya Pertalite.

Adanya kenaikan harga, membuat banyak pemilik motor khususnya menggunakan mesin konvensional harus pintar-pintar menghemat. Namun tenang ada beragam cara agar bisa hemat bahan bakar, salah satunya dengan melakukan servis motor secara berkala.

Hal itu diungkap oleh bengkel yang berada di kawasan Jakarta Selatan, tepatnya Lenteng Agung bernama Eka Motor. Salah satu montir di sana bernama Ambon menjelaskan cara bagaimana motor bisa irit bahan bakar.

Montir motor sedang memperbaiki mesin

Montir motor sedang memperbaiki mesin

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

Dia memberitahu untuk pemilik kendaraan roda agar konsumsi bahan bakarnya irit harus sering melakukan servis. Ada dua servis yang harus dilakukan pemilik motor yakni injeksi dan karburator. Kedua jenis ini bisa membuat motor lebih irit bahan bakar.

"Sejatinya motor itu sudah dibekali irit bahan bakar dengan injeksi yang emang sudah setelan pabrik masing-masing dan menghemat bahan bakar. Namun untuk lebih hemat ya lakukan servis injeksi dan karburator secara rutin saja," ujar Ambon kepada VIVA, Jum'at 9 September 2022.

Perlu diketahui, servis sistem injeksi berupa pengetesan fungsi dan pembersihan injektor diperlukan agar performa motor tetap optimal. Injektor sendiri punya fungsi penting yaitu menyemprotkan bahan bakar yang diperlukan oleh mesin.

Halaman Selanjutnya
img_title