Pemilik Motor Lakukan Servis Ini Agar Lebih Irit Bahan Bakar

Bengkel Motor di Jakarta Selatan
Sumber :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

VIVA Otomotif – Sebagai pemilik motor pasti ingin bahan bakar yang dikonsumsi lebih irit ketika digunakan sehari-hari. Apalagi, saat ini pemerintah resmi menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, salah satunya Pertalite.

Adik Via Vallen Dilaporkan ke Polisi terkait Dugaan Penggelapan Sepeda Motor

Adanya kenaikan harga, membuat banyak pemilik motor khususnya menggunakan mesin konvensional harus pintar-pintar menghemat. Namun tenang ada beragam cara agar bisa hemat bahan bakar, salah satunya dengan melakukan servis motor secara berkala.

Hal itu diungkap oleh bengkel yang berada di kawasan Jakarta Selatan, tepatnya Lenteng Agung bernama Eka Motor. Salah satu montir di sana bernama Ambon menjelaskan cara bagaimana motor bisa irit bahan bakar.

Pakar Sebut Fakta Mengejutkan soal BBM Pertalite

Montir motor sedang memperbaiki mesin

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

Dia memberitahu untuk pemilik kendaraan roda agar konsumsi bahan bakarnya irit harus sering melakukan servis. Ada dua servis yang harus dilakukan pemilik motor yakni injeksi dan karburator. Kedua jenis ini bisa membuat motor lebih irit bahan bakar.

Ada yang Berubah dari Pertalite di Papan Harga SPBU

"Sejatinya motor itu sudah dibekali irit bahan bakar dengan injeksi yang emang sudah setelan pabrik masing-masing dan menghemat bahan bakar. Namun untuk lebih hemat ya lakukan servis injeksi dan karburator secara rutin saja," ujar Ambon kepada VIVA, Jum'at 9 September 2022.

Perlu diketahui, servis sistem injeksi berupa pengetesan fungsi dan pembersihan injektor diperlukan agar performa motor tetap optimal. Injektor sendiri punya fungsi penting yaitu menyemprotkan bahan bakar yang diperlukan oleh mesin.

Sementara untuk karburator biasanya membersihkan kotoran, karbon, varnish dan gum, sehingga tarikan motor dapat lancar dan konstan kembali. Kedua servis tersebut penting dilakukan bagi pemilik kendaraan dua.

"Biasanya untuk umur motor yang sudah lama harus sering melakukan servis ini, pasalnya jika diservis komponen mesin akan akan sering terkikis-kikis dan bahan bakar bisa semakin boros. Ini berlaku semua jenis motor, termasuk matik," tambahnya.

Ambon menyampaikan bagi pemilik sepeda motor harus melakukan jenis servis ini sebulan sekali, beriringan pergantian oli. Maka dari itu, lakukan servis tersebut agar motor kembali kondisi prima dan nyaman digunakan saat berkendara.

"Apalagi kalau motornya digunakan terus menerus kan itu kena debu dan jadi kotor, ini juga bisa menyebabkan boros bahan bakar," jelasnya.

Sebagai tambahan informasi, di bengkel Eka Motor ini menawarkan harga servis khusus karburator seharga Rp35 ribu untuk motor bebek dan matik, dan Rp45 ribu sport. Sementara untuk servis injeksi dimulai harga Rp65 ribu sampai Rp95 ribu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya